Segudang Manfaat, Generasi Milenial Dibekali Kartu JKN-KIS

News - Eqqi Syahputra, CNBC Indonesia
30 November 2021 20:32
Infografis/ Naik Lagi! Ini Ini Daftar Iuran Terbaru  BPJS Kesehatan 2021/Aristya Rahadian

Jakarta, CNBC Indonesia - Kartu JKN-KIS sebagai jaminan kesehatan sangat perlu dan penting untuk dimiliki seluruh kalangan masyarakat, tak terkecuali oleh generasi muda. Hal inilah yang dirasakan oleh Jufri Husen (20), warga Jorong Abdurahman, Nagari Tigo Jangko, Kecamatan Lintau Buo, Kabupaten Tanah Datar

Selain untuk jaminan berobat di klinik kesehatan atau rumah sakit, kartu JKN-KIS saat ini juga menjadi syarat saat hendak mendaftar pekerjaan. Jufri mengaku, saat hendak mengikuti tes masuk Polisi tahun 2019 lalu, dirinya sempat ditanya terkait kepemilikan kartu JKN-KIS.

"Saya bersyukur saat itu memiliki kartu JKN-KIS, sehingga saya tidak harus mengurus baru, cukup memperlihatkan kartu JKN-KIS sudah dapat memenuhi syarat untuk masuk mendaftar di Kepolisian. Coba saat itu tidak ada, tentu saya akan repot mengurus tergesa-gesa. Jadi sebaiknya kita persiapan dari sekarang, sedia payung sebelum hujan," ujar Jufri dalam keterangan tertulis, Selasa (30/11/2021).


Selain itu, dengan adanya kartu JKN-KIS, generasi milenial tidak perlu lagi khawatir terkait masalah finansial karena jauh dari orang tua saat sakit. Hal tersebut lantaran dengan JKN-KIS cukup datang ke tempat pelayanan kesehatan dan langsung mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis.

"Kalau sedang kuliah, sekolah atau bekerja jauh dari orangtua atau kampung halaman, kita tidak perlu menunggu kiriman uang dari orang tua dulu baru berobat. Tapi cukup memperlihatkan kartu JKN-KIS di fasilitas kesehatan, kita sudah bisa mendapatkan pelayanan berobat secara gratis," tutur Jufri.

Ia menambahkan, saat ini banyak kemudahan-kemudahan layanan yang diberikan BPJS Kesehatan termasuk kemudahan akses pelayanan dari mana saja seperti melalui aplikasi Mobile JKN dan layanan Pandawa (Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp). Selain mengetahui status kepesertaan, iuran dan Kartu KIS Digital, antrean di fasilitas kesehatan, skrining riwayat kesehatan dan konsultasi dokter juga bisa dilakukan melalui aplikasi Mobile JKN..

"Kita harapkan, BPJS Kesehatan terus memberikan kemudahan dalam pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Kita yakin inovasi-inovasi baru akan terus muncul, apalagi saat ini di tengah pandemi, mau tidak mau, BPJS Kesehatan harus berinovasi dengan menggunakan teknologi canggih," pungkasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(rah/rah)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading