Kang Emil Pamerkan 7 Inovasi Unggulan Jabar

News - Eqqi Syahputra, CNBC Indonesia
25 November 2021 09:46
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

Jakarta, CNBC Indonesia - Di hadapan tim penguji ajang Innovative Government Award (IGA) 2021. Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, memaparkan tujuh inovasi unggulan Pemda Provinsi Jawa Barat.

Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil, mengatakan bahwa dalam kurun waktu tahun 2019-2020, Pemda Provinsi Jabar sudah menelurkan 57 inovasi. Sebanyak 36 inovasi di sektor tata kelola pemerintahan daerah, 12 inovasi pelayanan publik, dan 9 inovasi urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah.

Menurutnya, Setiap tahunnya Pemda Provinsi Jabar konsisten merilis inovasi di bidang Pemerintahan. Hal ini merupakan instruksi Ridwan kepada semua organisasi perangkat daerah.



"Kami sering melakukan lomba inovasi pada semua OPD setiap tahun. Jadi kalau ada 30 unit kerja maka kami bisa memanen 30 inovasi tiap tahun," ujar Ridwan dalam keterangan tertulis, Kamis (25/11/2021).

Adapun 7 inovasi unggulan yang dipresentasikan Ridwan Kamil yakni, pertama, Aplikasi Pikobar, yaitu inovasi layanan kesehatan terintegrasi satu pintu management Covid-19. Pikobar bahkan telah mendapatkan penghargaan sebagai salah satu inovasi terbaik di Asia Pasifik.


Kedua, OPOP, merupakan inovasi pemberdayaan ekonomi pesantren. Ketiga, TRK yakni peningkatan kinerja Aparatur Sipil Negara. Keempat, Command Center Citarum, pusat data informasi dan koordinasi Satgas PPK DAS Citarum.

Kelima, Jabar Future Leaders, program ajudan milenial Gubernur Jabar yang berasal dari seluruh Indonesia. Keenam, Maskara, mobil multifungsi pendukung operasional pemerintah desa. Dan terakhir Patriot Desa, relawan untuk mengangkat potensi dan memberdayakan masyarakat desa.

Selain itu, Kementerian Dalam Negeri melalui Badan Penelitian & Pengembangan rutin menggelar penilaian indeks Inovasi Daerah dan Pemberian Penghargaan Innovative Government Award. Untuk tahun 2021 saat ini sudah memasuki tahap penilaian presentasi inovasi dari kepala daerah.


[Gambas:Video CNBC]

(rah/rah)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading