Jokowi: Realisasi Investasi Bagus di Jabar

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
24 November 2021 13:31
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pidatonya saat menghadiri Konferensi Khusus untuk Memperingati 30 Tahun Hubungan ASEAN-China secara virtual dari Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (22/11/2021). (Biro Pers Sekretariat Presiden/ Rusman)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa investasi adalah jangkar pemulihan ekonomi di tengah pandemi Covid-19. Investasi bisa menjadi kunci percepatan pertumbuhan ekonomi.

Berbicara dalam Rapat Koordinasi Nasional dan Anugerah Layanan Investasi 2021, Jokowi mengatakan pemulihan ekonomi nasional tak bisa semata-mata mengandalkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

"Investasi ini jadi jangkar pemulihan ekonomi karena kalau kita fokus pada APBN, meski saya tau tahu bu Menkeu sangat prudent, sangat hati-hati dalam mengelola APBN kita," kata Jokowi, Rabu (24/11/2021).


Dalam kesempatan tersebut, Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) memberikan penghargaan kepada sejumlah PTSP dan percepatan pelaksanaan berusaha (PPB) pemerintah daerah dan K/L.

Jokowi mengaku senang karena ada beberapa kementerian/lembaga, provinsi, maupun kabupaten kota yang mendapatkan anugerah tersebut, baik yang berkaitan dengan realisasi investasi maupun urusan perizinan.

Secara spesifiik, Jokowi bahkan sempat menyebut provinsi Jawa Barat sebagai salah satu wilayah yang memiliki realisasi investasi yang cukup cemerlang.

"Realisasi investasi bagus di Jawa barat," kata eks Gubernur DKI Jakarta itu.

Namun, Jokowi mengingatkan bahwa realisasi tersebut tidak akan tercapai jika tidak ada peranan pemerintah daerah. Menurutnya, pemerintah daerah harus turun tangan mengawal realisasi investasi.

"Belum tentu kita layani dengan baik investasi akan datang, apalagi tidak dilayani. Dilayani saja belum tentu investor datang, apalagi tidak dilayani dengan baik. Oleh sebab itu, pola lama, hal jadul harus ditinggalkan,"

"Berikan pelayanan terbaik baik itu investor kecil, investor sedang, layani baik investor gede layani dengan baik. Izin berikan semua gratis, antarkan ke rumah itu pelayanan. Kecil-kecil layani seperti itu," tegasnya.

Sebagai informasi, Provinsi Jawa Barat sendiri berhasil meraih penghargaan terbaik ke 2 untuk kategori dengan kinerja PPB terbaik di tingkat provinsi. Sementara itu, posisi terbaik ketiga ditempati Sumatera Barat.


[Gambas:Video CNBC]

(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading