Program JKN-KIS Jamin Kesehatan Penerima Pensiunan TNI

News - Khoirul Anam, CNBC Indonesia
28 October 2021 17:02
BPJS Kesehatan (BPJS Kesehatan)

Jakarta, CNBC Indonesia - Penerima dana pensiunan Tentara Nasional Indonesia (TNI) Sri Kurniati (48) mengaku terbantu program JKN-KIS dari BPJS Kesehatan. Adapun Sri sudah menjadi peserta JKN-KIS sejak awal 2014 silam dan merasa terbantu dengan adanya program ini.

"Kehadiran Program JKN-KIS ini benar-benar sangat menolong. Meskipun jarang memanfaatkannya, saya bersyukur tiap kali ke Puskesmas tempat saya terdaftar karena sakit, saya tidak mengeluarkan biaya sama sekali. Jadi, uang yang seharusnya dipakai untuk berobat dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan lain," ungkap ibu satu anak ini dalam keterangannya, Kamis (28/10/2021).

Diketahui, BPJS Kesehatan diberikan wewenang untuk mengelola jaminan sosial kesehatan bagi penerima pensiun TNI. Sri mengungkapkan, suaminya gugur di kala masih bertugas sebagai prajurit TNI. Sejak suaminya tiada, dia mengandalkan tunjangan pensiun untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.


Sementara itu, 2% dari 5% besaran iuran kepesertaan JKN-KIS berasal dari pensiun pokok dan tunjangan keluarganya. Namun, ia menegaskan, kepesertaan JKN-KIS sebagai wadah untuk beramal.

Ketika ia tidak menggunakannya, maka iuran yang dia bayarkan digunakan orang lain yang membutuhkan pelayanan kesehatan.

"Program ini memiliki tujuan yang sangat mulia. Karenanya, perlu kita dukung agar terus berjalan di negara kita. Apalagi bagi pensiunan seperti saya, Program JKN-KIS memberikan manfaat yang luar biasa. Saya dapat hidup dengan tenang karena jika membutuhkan pelayanan kesehatan sudah ada yang menjamin, yaitu BPJS Kesehatan melalui program ini," pungkas Sri.


[Gambas:Video CNBC]

(rah/rah)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading