Studi: Vaksin Pfizer Ampuh Lawan Covid Delta di Usia Remaja

News - Tommy Sorongan, CNBC Indonesia
21 October 2021 19:28
FILE PHOTO: A vial labelled with the Pfizer-BioNTech coronavirus disease (COVID-19) vaccine is seen in this illustration picture taken March 19, 2021. REUTERS/Dado Ruvic/Illustration/File Photo

Jakarta, CNBC Indonesia - Sebuah penelitian baru menunjukkan, vaksin Covid-19 besutan Pfizer dan BioNTech efektif dalam melawan infeksi Varian Delta, pada remaja berusia 12 hingga 18 tahun.

Mengutip Reuters, temuan ini ditemukan setelah diadakan penelitian di Israel. Penelitian itu dilakukan langsung oleh organisasi pemeliharaan kesehatan Clalit Israel, dan peneliti Universitas Harvard dari 94.354 remaja penerima vaksin.

"Studi tersebut menemukan perkiraan efektivitas vaksin terhadap infeksi Covid-19 hingga 90%, dan 93% terhadap gejala Covid-19, pada hari ketujuh hingga 21 setelah dosis kedua," ujar hasil studi yang diposting di Jurnal New England Journal of Medicine itu, dikutip Kamis (21/10/2021).


Dalam sebuah pernyataan pada Rabu (20/10/2021), Clait mengatakan, penelitian itu adalah salah satu hasil terbesar yang dilakukan di antara kelompok usia tentang efektivitas vaksin terhadap varian Delta.

Ini menambah kesahihan efektivitas vaksin pfizer dalam rentang usia muda. Sebelumnya Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) di Amerika Serikat (AS) menunjukkan, vaksin Pfizer-BioNTech 93% efektif dalam mencegah rawat inap di antara mereka yang berusia 12 hingga 18 tahun.

Saat ini, CDC bersama dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) sedang mengevaluasi proposal pengajuan penggunaan vaksin Pfizer untuk anak-anak usia 5 hingga 11 tahun. Hal ini untuk mengantisipasi musim liburan yang sebentar lagi tiba.

"Rencana tersebut akan memastikan penyediaan secara cepat, nyaman, dan merata untuk keluarga di seluruh negeri," kata Gedung Putih dalam sebuah pernyataan.

Bila aplikasi pengajuan izin disetujui, maka 28 juta anak di Negeri Paman Sam akan masuk dalam golongan layak sebagai penerima. Ini juga nantinya akan membuat AS sebagai negara pertama di dunia yang memberikan izin itu kepada anak-anak.


[Gambas:Video CNBC]

(wed/wed)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading