Saingan Baru Innova Nih, Katanya Lebih Canggih & Gagah!

News - Anisatul Umah, CNBC Indonesia
15 October 2021 15:15
wulig victory. (Dok: Wuling)

Jakarta, CNBC Indonesia - Gempuran mobil-mobil dari Prancis, China hingga Korea Selatan menjadi saingan baru buat buat mobil buatan Jepang. Wuling menjadi salah satu agen pemegang merek (APM) non Jepang yang masih bertahan dan memproduksi mobilnya di Indonesia.

Pabrikan ini mampu menembus 10 besar penjualan mobil terlaris dari tahun ke tahun di Indonesia dengan menawarkan harga murah dan fitur berlimpah.

Pengamat otomotif Bebin Djuana melihat mobil asal China tersebut bukan hanya membawa teknologi, tapi membukakan mata konsumen Indonesia, karena beberapa teknologi yang nggak terlalu mahal, namun nggak diberikan produk Jepang.

"Harga di bawah Rp 200 juta saat itu dikasih kamera mundur, merk Jepang mana yang kasih fitur serupa, sebetulnya buka mata konsumen Indonesia, kamera mundur bukan barang mewah atau mahal, sudah terjangkau dipasang di mobil di bawah Rp 200 juta," ungkapnya.

Oleh karena itu menurutnya bagi produsen yang akan masuk ke Indonesia sangat perlu memperhatikan fiturnya. Kalau dirasa kurang terfasilitasi lewat fitur lengkap dengan harga miring, konsumen akan memilih mobil Jepang yang sudah puluhan tahun di Indonesia.

"Kemudian sensor tekanan udara ban, cuma mobil mewah yang ada di Indonesia pakai teknologi itu, mobil Jepang Rp 300 juta-400 juta nggak ada pakai itu. Mobil Wuling Rp 200 juta dikasih itu," sebut Bebin.

Lebih lanjut dia mengatakan, harga menentukan karena konsumen sudah semakin pintar. Dia mencontohkan misalnya konsumen punya budget Rp 200 juta mereka akan memetakan sudah bisa dapat apa saja.

"Punya Rp 200 juta saya dapat apa, mau gaya beli mobil bekas bisa dapat sedan begini, atau pake kendaraan sejuta umat. Atau oh saya pilih yang fiturnya lebih lengkap, jadi semua ada pertimbangan," lanjutnya.

Morris Garage (MG) resmi merilis New MG ZS bulan lalu. Mobil merek Inggris dengan kepemilikan perusahaan China ini mencoba menggebrak pasar domestik dengan produk andalannya. Mobil ini masuk ke dalam segmen compact SUV, salah satu pesaingnya adalah Honda HR-V atau Suzuki SX-4 S Cross.

"MG Motor Indonesia masih menjalankan misi yang sama yaitu meredefinisi ekspektasi para penggemar otomotif di Indonesia, dan segala pembaruan yang kami suguhkan pada New MG ZS adalah pembuktiannya," kata Donald Rachmat, General Director MG Motor Indonesia di acara peluncuran New MG ZS secara virtual, Kamis (9/9/21).

Ia bilang minat konsumen dunia masih begitu tinggi terhadap segmen SUV, oleh karena itu kami optimis dengan menghadirkan New MG ZS ke tengah konsumen otomotif Indonesia akan mampu mengubah ekspektasi mereka terhadap SUV yang ideal dan atraktif.

Dengan kapasitas sebesar 1.5 L, SUV kompak ini memiliki tenaga yang dapat mencapai kekuatan maksimal 84 KW (114 PS)/6.000 rpm dengan torsi maksimal 150 Nm/4.500 rpm. Selain itu terdiri dari CVT 8-speed automatic transmission.

Akan tetapi MH belum menjelaskan mengenai detail dari harga. Juga tipe-tipe New MG ZS yang akan mereka jual di Indonesia.



[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Calon 'Penghancur' Innova Berdatangan, Begini Respons Toyota!


(dru)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading