Jokowi Bangga Smelter Terbesar Dunia & 'So What' Faisal Basri

News - Anisatul Umah, CNBC Indonesia
13 October 2021 11:22
Presiden Joko Widodo Saat Groundbreaking Pembangunan Smelter PT Freeport Indonesia, KEK Gresik, 12 Oktober 2021. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak kuasa mengungkapkan rasa bangganya saat akhirnya Indonesia mampu membangun smelter tembaga terbesar di dunia.

Hal ini diungkapkannya saat menyaksikan groundbreaking pembangunan smelter PT Freeport Indonesia di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) JIIPE, Gresik, Jawa Timur, kemarin, Selasa (12/10/2021).

"Kita mendapatkan laporan bahwa smelter yang akan dibangun ini dengan desain single line, terbesar di dunia," kata Jokowi saat memberikan sambutan pada acara groundbreaking tersebut.


Setelah pembangunan rampung, smelter ini dapat mengolah 1,7 juta ton konsentrat tembaga menjadi 600 ribu ton katoda tembaga. Jokowi mengaku tak bisa membayangkan saat pabrik ini rampung.

"Bayangkan 1,7 juta ton. Kalau dinaikkan truk, yang kecil itu, biasanya bisa angkut 3-4 ton. Jadi berapa truk yang akan berjejer di sini? Kalau tiga ton satu truk kecil, berarti ada 600 ribu truk berjejer di sini. Ini gede sekali,"

Jokowi berharap, kehadiran pabrik smelter Freeport dapat menjadi daya industri lain untuk masuk ke dalam KEK Gresik, khususnya industri tembaga dan turunannya.

"Pemerintah akan terus memberikan dukungan penuh, dan menjaga iklim investasi makin baik," tegasnya.

Proyek smelter baru ini disebut membutuhkan investasi hingga Rp 42 triliun dan ditargetkan bisa tuntas pada 2023-2024 mendatang.

Reaksi Keras Faisal Basri
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading