Kawasan Ini Bakal Dipamerkan Jokowi ke Negara G-20 di 2022

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
08 October 2021 13:35
Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama rombongan meninjau hutan mangrove di Taman Hutan Raya Ngurah Rai, Kabupaten Badung pada Jumat pagi, 8 Oktober 2021. (Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana memamerkan hutan mangrove di Kabupaten Badung, Bali kepada pemimpin negara yang hadir dalam KTT G20 pada 2022.

Hal tersebut dikemukakan Jokowi setelah meninjau Hutan Mangrove di Kabupaten Badung, Bali. Sebelumnya, Jokowi menyempatkan meninjau hutan mangrove Ngurah Rai.

"Ini juga nanti mungkin akan menjadi salah satu venue yang akan kita perlihatkan kepada pemimpin-pemimpin G20 tahun depan," kata Jokowi dalam tayangan Youtube Sekretariat Presiden, Jumat (8/10/2021).


Hutan Mangrove di Bali telah dibangun sejak 2003, dan merupakan tempat percontohan rehabilitasi ekosistem hutan mangrove yang dimanfaatkan sebagai sarana edukasi, pariwisata, dan penguatan perekonomian.

Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama rombongan meninjau hutan mangrove di Taman Hutan Raya Ngurah Rai, Kabupaten Badung pada Jumat pagi, 8 Oktober 2021. (Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)Foto: Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama rombongan meninjau hutan mangrove di Taman Hutan Raya Ngurah Rai, Kabupaten Badung pada Jumat pagi, 8 Oktober 2021. (Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama rombongan meninjau hutan mangrove di Taman Hutan Raya Ngurah Rai, Kabupaten Badung pada Jumat pagi, 8 Oktober 2021. (Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Pemerintah, kata Jokowi, akan melakukan replikasi model rehabilitasi mangrove tersebut di provinsi lainnya.

"Ini akan terus kita lakukan di kawasan pesisir untuk memulihkan, untuk melestarikan kawasan hutan mangrove kita dan juga untuk mengantisipasi dan memitigasi perubahan iklim," jelasnya.

Jokowi berharap penanaman mangrove di kawasan pesisir pantai dapat memperbaiki kualitas lingkungan, baik di pesisir maupun di daerah pantai.

"Melalui penanaman mangrove ini kita harapkan bisa mengurangi energi gelombang, bisa melindungi pantai dari abrasi, juga bisa menghambat intrusi air," katanya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Mengintip Lagi Persiapan KTT G20 Bali yang Didatangi Jokowi


(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading