Internasional

Gilak! AS Jual 2 Kapal Induk Murah Meriah, Cuma 1 Sen

News - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
07 October 2021 13:05
Seorang pilot Korps Marinir mempersiapkan untuk pendaratan vertikal pesawat tempur siluman Lockheed Martin F-35B di atas kapal induk serbu amfibi USS selama operasi mereka di perairan pulau paling selatan Jepang Okinawa 23 Maret 2018. REUTERS / Issei Kato

Jakarta, CNBC Indonesia - Angkatan Laut Amerika Serikat (US Navy) dikabarkan menjual dua kapal induknya seharga masing-masing 1 sen. Kapal itu adalah USS Kitty Hawak dan USS John F. Kennedy.

Penjualan dilakukan ke perusahaan pemecah kapal International Shipbreaking Limited (ISL), berbasis di Texas. Hal ini pun sudah dikonfirmasi pejabat militer setempat.


Kapal dijual murah karena proses pemecahan memakan biaya cukup mahal. ISL sendiri sebelumnya sudah menerima bayaran dengan harga cukup mahal untuk proses daur ulang kapal tersebut.

Sementara itu, dalam sebuah pernyataan di USA Today, sebagaimana dikutip dari military.com , Juru Bicara Komando Sistem Laut AS Alan Baribeau mengatakan kontrak penjualan itu menguntungkan perusahaan pembeli.

"Perusahaan bisa mengambil manfaat dari semua jenis yang dijual mulai dari baja, besi hingga logam bukan besi lain," katanya, dikutip Kamis (7/10/2021).

Secara rinci, kedua kapal induk ini diproduksi tahun 1960-han. Pesawat disebut mampu membawa puluhan jet tempur.

Kitty Hawk sendiri dinonaktifkan tahun 2017. Sementara John F. Kennedy dinonaktifkan tahun 2009.

Melansir Browneville Herald, kapal-kapal itu akan ditarik ke Brownsville untuk dibongkar dalam beberapa bulan mendatang. Hal ini juga dibenarkan juru bicara ISL.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Pejabat China-Amerika Kopi Darat, Begini Bocoran Pertemuannya


(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading