Ini Konsultan Hukum Panama yang Disebut Pandora Papers

News - Tommy Sorongan, CNBC Indonesia
04 October 2021 20:31
cover topik/ Pandora Paper_Cover/Aristya Rahadian

Jakarta, CNBC Indonesia - Konsorsium Jurnalis Investigasi Internasional (ICIJ) baru saja merilis sebuah laporan investigasi yang disebut Pandora Papers ke publik. Dalam investigasi itu, mereka meneliti bagaimana para manusia berpengaruh di dunia dalam menyembunyikan hartanya ke lokasi-lokasi tax havens.

Dalam laporan tersebut, nyatanya ada firma hukum bergengsi Panama yang disebut berperan penting dalam menyembunyikan dana-dana tokoh-tokoh dunia tersebut. Firma itu adalah Aleman, Cordero, Galindo & Lee (Alcogal).

Alcogal diduga terlibat dalam menciptakan perusahaan cangkang untuk memindahkan uang untuk Raja Yordania Abdullah II, Perdana Menteri Ceko Andrej Babis, Presiden Montenegro Milo Djukanovic, dan tiga mantan presiden Panama.


"Selama tiga dekade terakhir, Alcogal telah menjadi magnet bagi orang kaya dan berkuasa dari Amerika Latin dan di luarnya yang berusaha menyembunyikan kekayaan di luar negeri," kata kelompok jurnalis itu dilansir AFP, Senin (4/10/2021)

"Firma seperti Alcogal mendorong ekonomi (bayangan) itu, membantu klien kaya menemukan tempat berlindung untuk menyembunyikan uang mereka, terkadang dari pemungut pajak dan penyelidik kriminal."

Alcogal sendiri menolak tuduhan itu dalam sebuah pernyataan. Mereka mengatakan pihaknya sedang mempertimbangkan tindakan hukum untuk mempertahankan reputasinya.

"Alcogal menolak dugaan, ketidakakuratan dan kepalsuan di surat kabar itu," kata perusahaan itu, menawarkan untuk bekerja dengan pihak berwenang untuk menyelidiki setiap kecurigaan.

Ini bukan kali pertama firma hukum Panama terlibat dugaan seperti ini. Dalam laporan rahasia yang dinamakan Panama Papers di 2016 lalu, sebuah firma hukum Panama, Mossack & Fonseca, juga diduga terlibat hal yang sama, yakni menyembunyikan dana figur-figur dunia ke lokasi yang tidak memungut pajak.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading