PPKM Berakhir Hari Ini, Diperpanjang Atau Tidak Ya?

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
04 October 2021 09:59
Patung busana (manekin) terpajang diarea ruko kosong tanpa penghuni di ITC Cipulir Mas, Jakarta, Rabu (22/9/2021). Sepinya pengunjung di pusat perbelanjaan grosir membuat banyak pedagang menutup lapak mereka. Hal tersebut terjadi di banyaj pusat perbelanjaan, salah satunya ITC Cipulir Mas. Tak hanya kios-kios yang berada di lokasi yang cenderung tertutup, bahkan beberapa lokasi yang terletak cukup strategis (lantai dasar) banyak yang dijual atau disewakan. Imbas pandemi Covid-19 serta kebijakan PPKM yang membatasi mobilitas masyarakat sangat berdampak pada bisnis ritel dan ketidak sanggupan penyewa untuk membayar cicilan. Salah satu pedagang mengungkapkan

Jakarta, CNBC Indonesia - Masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) akan berakhir pada hari ini, Senin 4 Oktober 2021. Ini merupakan lanjutan dari perpanjangan PPKM pada 20 September lalu.

Pada saat itu pemerintah memutuskan untuk memperpanjang PPKM di wilayah Jawa Bali maupun non Jawa Bali. Keputusan tersebut ditempuh, meskipun perkembangan kasus Covid-19 kian terkendali.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan kala itu mengemukakan, pemerintah akan terus melakukan evaluasi secara berkala terkait penerapan PPKM.


Pekan lalu misalnya, angka positivity rate berada di bawah 2%. Upaya pemerintah melakukan tracing juga meningkat dengan rata-rata 36% pada minggu lalu.

Masih dengan data minggu lalu, kasus konfirmasi nasional pun turun 96,9% dibandingkan puncak kasus yang terjadi pada 15 Juli lalu. Angka kasus harian per 26 September saat itu mencapai 1.740 kasus.

Sejalan dengan itu, kasus aktif secara nasional juga terus menurus. Pada 26 September lalu, tercatat ada 42.769. Kasus aktif nasional turun 92,6% dari puncak kasus aktif pada 24 Juli lalu.

Adapun dalam satu minggu terakhir, perkembangan kasus Covid-19 di Tanah Air memang semakin terkendali. Bahkan, kini tak ada lagi zona merah alias berisiko tinggi di Indonesia.

Berikut data perkembangan Covid-19 dalam sepekan terakhir

27 September 40.270
28 Septembr 38.652
29 September 37.412
30 September 36.141
1 Oktober 34.867
2 Oktober 33.812
3 Oktober 32.876

Pada hari ini, pemerintah sendiri telah memastikan akan kembali melakukamn evaluasi pelaksanaan PPKM. Apakah PPKM akan kembali diperpanjang atau tidak? Kita tunggu saja

"Evaluasi tetap dilakukan setiap minggunya untuk mengantisipasi perubahan yang terjadi begitu cepat," kata Luhut beberapa waktu lalu.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

PPKM Diperpanjang Lagi? Cek Fakta Kondisi Covid-19 RI Terkini


(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading