Internasional

Korut 'Ngamuk', Lagi-lagi Kim Jong Un Tembak Rudal ke Langit

News - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
01 October 2021 07:30
Korea Utara melakukan uji coba nuklir, negeri itu meluncurkan rudal hipersonik. (AP/Lee Jin-man)

Jakarta, CNBC IndonesiaKorea Utara (Korut) makin jadi menunjukkan kehebatan senjata yang dimilikinya. Hanya berselang dua hari dari uji coba senjata hipersonik, kali ini Negeri Pertapa itu menembakkan rudal anti pesawat.

Disebutkan bahwa rudal itu adalah yang terbaru dari semua senjata yang dikembangkan. "DPRK (Korut) melakukan uji coba rudal anti-pesawat yang baru dikembangkan 30 September (Kamis)," tulis media pemerintah KCNA, dimuat AFP.


Dalam laporannya, KCNA menyebut rudal itu memiliki "kinerja tempur luar biasa" bahkan "telah diverifikasi dengan teknologi kunci terbaru". Awal bulan ini, Pyongyang mengumumkan berhasil menembakkan rudal jelajah baru.

Intensitas uji coba senjata Korut yang semakin sering membawa kekhawatiran dunia internasional. Amerika Serikat (AS), Inggris, dan Prancis menyerukan pertemuan Dewan Keamanan PBB dilakukan, Jumat (1/10/2021).

Perlu diketahui, Negeri Kim Jong Un sebenarnya dilarang mengembangkan nuklir dan rudal balistik di bawah resolusi PBB. Namun karena tak digubris, ini membuat Korut dikenai beragam sanksi.

Namun dalam pernyataan di sidang PBB awal pekan ini, Korut menegaskan AS bias terhadap Korut. Negeri itu mengatakan memiliki hak untuk mengembangkan senjatanya demi keamanan nasional.

Sementara itu, AS menempatkan 28.500 pasukan di Korea Selatan (Korsel). Bulan lalu, keduanya melakukan latihan militer.

"Korea Utara meningkatkan ketidakstabilan dan keamanan," ujar Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading