Mau Jadi Tetangga Raffi Ahmad? Banyak yang BU, Rumah Dijual

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
24 September 2021 07:36
Rumah dijual di Green Andara Residences (Tangkapan Layar via rumacom)

Jakarta, CNBC Indonesia - Fenomena obral rumah yang mengemuka belakangan tidak melulu di kawasan elite macam Pondok Indah dan Menteng. Di selatan Jakarta, tepatnya di Jalan Andara, Jati Baru, Cinere, Depok, Jawa Barat, fenomena itu turut menular.

Meski tidak se-elite Pondok Indah dan Menteng, pamor kawasan itu naik seiring kehadiran selebriti Raffi Ahmad. Ia dikenal sebagai Sultan Andara, merujuk sebuah komplek perumahan.


Namun, siapa sangka, banyak dari pemilik rumah di kawasan tersebut berniat menjual rumahnya. Bahkan, demi bisa lebih cepat terjual, mereka sengaja menurunkan harga.

Salah satunya pemilik rumah di Green Andara Residence, kompleks yang sama dengan rumah Raffi. Komplek ini juga tinggal selebriti lain seperti Gading Marten.

"Dijual cepat termurah di bawah Perjanjian Pengikatan Jual Beli (PPJB). Harga butuh uang (BU), Green Andara Residence, harga PPJB Rp 2,78 miliar, harga jual Rp 2,6 miliar, nego, harga developer sudah Rp 3,3 miliar," tulis penjual dilansir dari rumah.com

Spesifikasi rumahnya adalah luas tanah 108 m2 (7×15,5 meter), luas bangunan 120 meter persegi, kamar tidur 3+1, kamar mandi 2+1, car port 1, semi furnished serta kanopi depan dan belakang. Namun, ada hal lain yang membuatnya lebih spesial.

"Satu komplek dengan rumah Raffi Ahmad dan Gading Marten wow....," tulis penjual.

Namun, jika ingin menjadi tetangga selebritas kondang tersebut, maka tidak perlu menyiapkan uang miliaran secara tunai. Bisa juga dengan sistem Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

Salah satunya untuk memiliki rumah dengan harga Rp 1,3 miliar dengan luas tanah 93 meter persegi dan luas bangunan 79 meter persegi. Di dalamnya ada 3+1 kamar tidur dan 3+1 kamar mandi . Dilansir dari situs jual beli properti seperti 99.co.id, calon pembeli bisa menggunakan sistem KPR dari BCA. Bahkan cicilannya pun ada yang kurang Rp 10 juta/bulan.

"Dengan asumsi DP 20% dan bunga 9,5% per tahun, jangka waktu 20 tahun, maka Rp 9,69 juta/bulan. Kemudian 15 tahun maka Rp 10,8 juta/bulan serta untuk 10 tahun maka Rp 13,4 juta/bulan," tulisnya dilansir, Kamis (23/9/2021).

Selain itu, ada juga rumah dengan luas tanah 108,5 meter persegi, luas bangunan 130 meter persegi, 3 kamar tidur, dan 3 kamar mandi. Pengikatan Jual Beli (PJB) siap Akta Jual Beli (AJB). Penjual menjelaskan sudah ada kitchen set, gorden, kanopi dan 2 AC.

Pemilik menawarkan rumah itu dengan banderol Rp 2,6 miliar dengan nego. Namun, jika ingin memiliki rumah itu dengan metode KPR juga bisa. Dengan asumsi DP 20% dan bunga 9, 5% per tahun, jangka waktu 20 tahun, maka cicilannya Rp 19,3 juta/bulan, kemudian 15 tahun maka Rp 21,7 juta/bulan, serta untuk 10 tahun maka Rp 26,9 juta/bulan.

Opsi lainnya bisa mengarah pada rumah 2 lantai di Green Andara Residence lainnya dengan ukuran lebih besar, yakni dengan luas tanah 158 meter persegi dan luas bangunan 175 meter persegi. Rumah itu juga dilengkapi daya listrik 2200 watt serta 3 kamar tidur.

"Dengan asumsi DP 20% dan bunga 9,5% per tahun, jangka waktu 20 tahun maka cicilannya Rp 33,5 juta/bulan, kemudian 15 tahun maka cicilan Rp 37,5 juta/bulan, serta untuk 10 tahun maka Rp 46,5 juta/bulan," tulisnya.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading