Ada Kota Metropolis Baru di Pinggir Jakarta, Semegah Apa?

Market - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
11 September 2021 16:00
Tangkapan Layar Google Earth Kawasan Dadap, Tangerang, Banten pada Tahun 2015. (Tangkapan Layar Google Earth)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kota baru sedang dalam pembangunan di kawasan pantai utara (pantura) Kabupaten Tanerang, Banten. PIK 2 ini dikembangkan oleh Agung Sedayu Group dan Salim Group, disebut sebagai The New Jakarta City.

PIK 2 mengalami pengembangan mencapai 2.650 hektar digunakan untuk kawasan bisnis, hunian rumah, hingga apartemen.

Dalam rencana pembangunan, PIK 2 akan melbar hingga Cituis (Pakuhaji), Tanjung pasir (Teluk Naga), Tanjung Kait (Mauk) serta Kronjo. Nantninya akan membentang di Pantura Tangerang sepanjang 51 KM.


Pengembangan kawasan perkotaan baru di sejumlah lokasi Banten telah tertuang dalam Perda Provinsi Banten No.3 Tahun 2017 mengenai perubahan atas Perda No 2 tahun 2011 tentang rencana tata ruang wilayah provinsi Banten tahun 2010-2030.

Di ayat 2 pasal (59) dijelaskan arahan soal pengelolaan permukiman perkotaan termasuk meliputi pengaturan perkembangan pembangunan permukiman perkotaan baru.

Untuk detil perencanan kota baru di kawasan itu ada di dalam Perda Kabupaten Tangerang Nomor 13 tahun 2011 tentang rencana tata ruang wilayah kabupaten Tangerang 2011-2031. Di dalam pasal 7 disebutkan Kabupaten Tangeran jadi pusat kegiatan industri, pemukiman serta pengembangan kawasan perkotaan baru Pantura.

Di kawasan kota baru itu juga akan dibangun jaringan tol baru yang terhubung dengan jaringan tol Bandara Soekarno-Hatta. Terungkap dalam dokumen simpul KPBU Kementerian KPBU, terdapat usulan proyek jalan Tol Kamal-Teluk Naga-Rajeg sepanjang 38,6 km.

Jalan tol itu akan memotong kawasan pesisir Kabupaten Tangerang. Proyek bernilai Ep18,51 triliun ditujukkan untik mengembangkan kawasan Kabupaten Tangerangbagian utara.

Jalan tol dimulai dari Cikupa, Rajeg dan Mauk terhubung dengan Jalan Tol Sedyatmo atau kawasan Bandara Soekarno Hatta. Akan tersedia 7 interchange, 2 junction, dan 1 on ramp serta 4 jembatan dan 5 underpass.

Sebagai informasi proyek jalan tol diprakarsai oleh PT Duta Graha Karya. Hingga April 2021 lalu, proyek ini masih berstatus persiapan lelang.


[Gambas:Video CNBC]

(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Features
    spinner loading