Internasional

Afghanistan hingga Palestina Jadi Sorotan Jokowi di PBB

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
23 September 2021 09:50
Pidato Presiden Joko Widodo pada Sidang Majelis Umum ke-76 PBB, 23 September 2021 (tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyinggung sejumlah isu global dalam sesi debat Sidang Majelis Umum ke 76 Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Berbicara di depan para pemimpin dunia, Jokowi meminta seluruh negara untuk serius dalam menangani intoleransi, konflik, hingga terorisme dan perang.


"Perdamaian dalam keberagaman, jaminan hak perempuan dan kelompok minoritas harus kita tegakkan," kata Jokowi, Kamis (23/9/2021).

Jokowi kemudian menyinggung adanya potensi praktik kekerasan dan marjinalisasi perempuan di Afghanistan, hingga kemerdekaan di Palestina yang makin jauh dari harapan.

"Serta krisis politik di Myanmar harus jadi agenda kita bersama. Pemimpin ASEAN telah bertemu di Jakarta dan menghasilkan lima poin konsensus yang implementasinya butuh komitmen militer Myanmar," jelasnya.

Jokowi mengingatkan harapan besar masyarakat dunia harus dijawab dengan langkah nyata dengan hasil yang jelas. Menurutnya, butuh peranan seluruh negara untuk mengatasi masalah ini.

"Itulah kewajiban yang ada di pundak kita yang ditunggu masyarakat dunia. Itulah kewajiban kita untuk memberi harapan masa depan dunia," tegasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading