Internasional

Ngeri! Xi Jinping Mau 'Hajar' Batu Bara, Memang Bisa?

News - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
22 September 2021 10:05
Xi Jinping. (REUTERS/Jason Lee)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden China Xi Jinping memberi 'titah' baru. Xi, yang juga Sekretaris Jenderal Partai Komunis China, menyatakan negaranya berkomitmen untuk menuju netral karbon pada 2060.

"Kami akan melakukan segala upaya untuk mencapai tujuan ini," tegasnya dalam pidato di Majelis Umum Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), seperti dikutip dari AFP.

Untuk mencapai netral karbon pada 2060, Xi mengungkapkan China tidak akan mendanai pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) baru di luar negeri. PLTU adalah pembangkit yang menggunakan batu bara sebagai sumber energi primer.


Namun target Xi memang bertahap, tidak bisa ujug-ujug. Sebab, saat ini China adalah konsumen batu bara terbesar di planet bumi.

Pada 2019, konsumsi batu bara di Negeri Tirai Bambu mencapai 4,36 miliar ton. Amerika Serikat (AS) di posisi kedua 'cuma' 924,44 juta ton.

Dengan produksi dalam negeri yang tidak mencukupi, China banyak mengimpor batu bara dari luar negeri. Saking banyaknya, China adalah importir batu bara terbesar di dunia.

Pada 2019, impor batu bara China tercatat 360,41 juta ton. Jepang menduduki peringkat kedua dengan impor 211,16 juta ton. Selisih yang lumayan jauh.

Gas Mahal, Batu Bara Makin Diminati
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading