Target 'Jualan' Mobil 2022 Tetap 750 Ribu Unit, Nih Alasannya

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
21 September 2021 15:40
Dealer Penjualan Mobil (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah resmi memperpanjang relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) untuk mobil baru sebesar 100% hingga akhir tahun mendatang. Sebelumnya, relaksasi sebesar itu harusnya berakhir pada akhir Agustus lalu. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia pun menyambut baik keputusan pemerintah tersebut.

"Mudah-mudahan penjualan dan produksi otomotif beserta komponennya dapat terus meningkat, seiring dengan pertumbuhan ekonomi yang terus meningkat," kata Ketua I Gaikindo Jongkie Sugiarto kepada CNBC Indonesia, Selasa (21/9/2021).

Industri otomotif memiliki sangkut paut dengan ribuan industri lain, mulai dari tier 1 sampai tier 3. Peningkatan penjualan akibat relaksasi PPnBM bisa menggerakkan industri tersebut, setidaknya hingga akhir tahun mendatang.

Gaikindo juga punya target penjualan hingga akhir tahun mendatang sebesar 750.000 unit. Adanya relakasasi PPnBM memiliki potensi untuk menaikkan penjualan, namun Gaikindo enggan sesumbar menaikkan dari target yang sudah ada.

"Proyeksi penjualan tahun 2021 masih tetap 750.000 unit," sebut Jongkie.



Berdasarkan analisis tim Kemenperin, perpanjangan stimulus PPnBM DTP hingga Desember 2021 diproyeksi akan menambah penjualan kendaraan sebanyak 35.553 unit. Kemenperin memproyeksikan tambahan penerimaan pajak sebesar Rp2,22 triliun.


Lalu, bagaimana dengan mereka yang selama lebih dari dua pekan di bulan September membeli mobil baru dengan nilai yang lebih mahal karena nilai relaksasi hanya 25%?

"APM (Agen Pemegang Merk) bisa mendapat uang kembali/restitusi," kata Jongkie.

Uang yang sudah dikeluarkan oleh konsumen untuk membayar PPnBM akan masuk ke negara, dalam hal ini pemerintah pusat. Namun, nantinya uang tersebut bakal kembali pada konsumen melalui APM.

"APM harus melaporkan penjualan September, baru di bulan Oktober (cair)," ungkap Jongkie.


[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading