Internasional

Covid-19 RI Terkendali, China 'Meledak' Lagi

News - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
21 September 2021 14:05
Universal Studio Beijing, China dibuka kembali. (AP/Ng Han Guan)

Jakarta, CNBC Indonesia - China kembali dilanda lonjakan kasus Covid-19. Tiga wilayah di Provinsi Fujian kini menjadi hotspot penularan virus corona varian Delta, yakni Quanzhou, Putian dan Xiamen.

Otoritas kesehatan melaporkan Senin (20/9/2021), ada 28 kasus baru di provinsi tersebut. Sehingga jumlah total infeksi dalam gelombang terbaru saat ini menjadi 366, termasuk tiga kasus tanpa gejala.


Banyak dari mereka yang terinfeksi adalah siswa sekolah dasar (SD) yang belum divaksinasi. Media lokal sebelumnya melaporkan lonjakan kasus di Fujian berasal dari ayah seorang siswa yang baru kembali dari Singapura, yang dites negatif tiga kali selama karantina dua minggunya.

Sejak adanya lonjakan kasus, Xiamen, yang memiliki penerbangan mingguan dari Singapura, melarang semua transportasi ke luar kota. Otoritas memberlakukan penguncian de facto.

Sementara pekan lalu, pihak berwenang memperkirakan bahwa situasi akan terkendali sebelum akhir bulan. Ini memungkinkan perjalanan yang lebih bebas selama liburan Hari Nasional selama seminggu mulai 1 Oktober mendatang.

Namun prakiraan ini tampak tidak akan terjadi. Pasalnya, kasus baru terus menerus muncul setiap harinya, meski angkanya fluktuatif.

Dilansir dari The Straits Times, ada juga kekhawatiran virus dapat menyebar ke provinsi lain.Tanpa liburan pun, sekitar 30.000 orang telah meninggalkan Putian antara 26 Agustus dan 11 September lalu.

Sebelumnya China berhasil menangani serangan pandemi Covid-19 dengan aturan ketat. Saat Delta terdeteksi di Juli-Agustus lalu, penguncian juga dilakukan di sejumlah kota disertai tes masif.

Dari data Worldometers, China telah memiliki total 95.810 kasus infeksi sejak pandemi muncul di Wuhan akhir tahun 2019. Ada 4.636 kematian sejauh ini.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading