Mendag ke Bos RNI: Jangan Cuma Aplikasi, Saingi 'Oranye' Lain

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
16 September 2021 15:35
Menteri Perdagangan (Mendag), M. lutfi saat Konferensi Pers Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Triwulan II-2021  (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi menghadiri launching aplikasi Warung Pangan yang digagas BGR Logistics, bagian dari holding BUMN pangan, di Jakarta, Kamis (16/9/21). Ia berpesan kepada pejabat BUMN agar senantiasa mengedepankan inovasi dalam pengembangan produknya maupun teknologi.

"Saya titip pesan Pak Arief (Dirut RNI Group Arief Prasetyo Adi), karena kita ini berbasis teknologi, Jadi anda harus bersandar pada inovasi. Jadi jangan hanya bikin aplikasi lalu sudah, kita mesti bangun inovasi teknologi agar bisa bersaing, agar warnanya yang oranye ini bisa mengalahkan oranye yang lain," katanya.

Lutfi memang tidak mengungkapkan secara eksplisit oranye lain mana yang dimaksud. Namun, jika melihat pada bidang aplikasi teknologi, maka mengarah pada salah satu e-commerce terbesar yang juga beroperasi di Indonesia, yakni Shopee.



Adapun BGR Logistics baru melakukan launching aplikasi Warung Pangan dengan warna dasar oranye. Bahkan, jika melihat sekilas, warna oranye antara BUMN ini dengan e-commerce yang dimaksud Lutfi hampir mirip.

"Saya tanya kenapa warna oranye? Saya kalau sudah warna oranye sudah agak gatel dikit. Saya ingin pokoknya inovasi teknologi memastikan bahwa yang oranye (Warung Pangan) itu adalah pemenangnya, mengalahkan oranye yang lain," ujar Lutfi.

Dorongan agar BUMN bisa lebih berbicara dalam inovasi teknologi karena banyak faktor, salah satunya perkembangan digital yang melesat. Selain itu, ada potensi untuk meminimalisir angka kemiskinan.

"Karena bicara inovasi pertanian, saya kemarin baru sidang ASEAN selama lebih dari 4 hari, yang kita bicarakan itu adalah bagaimana masalah ekonomi digital. Studi ADB menunjukkan dengan ekonomi digital akan terkikis antara yang punya dan yang tidak punya, gap antara kaya dan miskin, ini terobosan yang mesti kita dukung," kata Lutfi.



[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading