Pamor Sepeda Brompton Tamat, Harganya Jatuh Sampai Jutaan!

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
15 September 2021 18:45
Pekerja memeriksa sepeda lipat brompton yang dijual di SpinWarriors, Tangerang Selatan, Kamis (15/9/2021). (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto))

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga sepeda Brompton terus mengalami penurunan dalam beberapa bulan terakhir. Pada tahun lalu kenaikan harga sempat terjadi gila-gilaan.

Kemudian di awal hingga pertengahan tahun ini sudah mengalami penurunan, dan hingga berlanjut hingga jelang akhir tahun 2021 ini. Pengakuan pedagang penurunan harga Brompton mencapai jutaan rupiah, berkebalikan dari tahun lalu yang naik jutaan rupiah.

"Waktu itu (2020) sampai Rp 37 juta M6R atau S6R, sekarang sudah turun ke Rp 34 juta, jadi kira-kira 10%," kata Pemilik toko sepeda Spin Warriors, Sonny Wahjudi kepada CNBC Indonesia, Rabu (15/9/21).


Penyebab utama turunnya harga karena permintaan sudah tidak setinggi tahun lalu, sementara stoknya sudah jauh lebih melimpah. Pedagang pun mengakui penurunan harga sangat terasa.

"Karena barang sudah banyak lagi, sesuai hukum ekonomi, barang kosong permintaan naik ya harga naik, kalau barang banyak, permintaan turun, harga ikut turun," sebut Sonny.

Tren penurunan harga sudah terjadi sejak awal hingga pertengahan tahun ini, sehingga kini mulai ke titik seimbangan baru mendekati akhir tahun. Tren booming sepeda lipat yang mulai pudar berdampak pada permintaan yang turun sehingga berdampak pada harga.

Sepeda kelas menengah atas seperti Brompton memang tetap dicari oleh sebagian masyarakat dari kalangan menengah ke atas dan penghobi tapi kini tak sebesar awal pandemi. Saat ini tren bersepeda perlahan mulai pudar sehingga berdampak pada permintaan.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading