Internasional

Taliban Murka! Ada Korupsi Massal, Duit & Emas Batangan

News - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
15 September 2021 12:50
TaJuru bicara Taliban Zabihullah Mujahid berbicara pada konferensi pers pertamanya, di Kabul, Afghanistan, Selasa (17/8/2021). (AP/Rahmat Gul)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kelompok Taliban dilaporkan sedang melakukan pemeriksaan terhadap dugaan korupsi yang dilakukan mantan pejabat Afghanistan. Bahkan, penyelidikan saat ini sudah mulai mengarah ke beberapa mantan pegawai negeri sipil, menteri dan anggota parlemen.

"Penyelidikan dapat mengarah pada pembekuan aset dan rekening mantan pegawai negeri sipil, menteri dan anggota parlemen," kata seorang pejabat di bank sentral, Da Afghanistan Bank kepada AFP dikutip Rabu (15/9/2021).


Hal ini juga diperkuat oleh klaim seorang manajer bank swasta. Ia mengkonfirmasi bahwa Taliban mengirimkan tim auditor untuk memeriksa rekening mantan pejabat pemerintah tersebut.

Sementara itu, pada Selasa (14/9/2021), beberapa pejabat Taliban memposting video di akun media sosial mereka yang menunjukkan penemuan jutaan uang tunai dan emas batangan yang ditemukan dari kediaman mantan wakil presiden Amrullah Saleh di wilayah Panjshir.

Video, yang tidak dapat diverifikasi secara independen, menunjukkan pejuang Taliban duduk di lantai dan menghitung uang tunai dan emas yang tampaknya ditemukan di dalam koper. Seorang pejuang mengatakan mereka menemukan sekitar US$ 100 ribu sehari setelah Panjshir jatuh ke tangan Taliban.

Selain itu, mereka juga menemukan uang tunai sebesar US$ 6,2 juta dan 18 batangan emas dalam pencarian selanjutnya. Korupsi sendiri merupakan isu yang sangat merajalela di bawah pemerintahan mantan presiden Ashraf Ghani, bahkan dana senilai puluhan juta dolar uang bantuan diyakini telah disedot keluar dari negara.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading