Jokowi: RI Punya Peluang Ekonomi Tumbuh Lebih Tinggi

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
15 September 2021 11:35
Presiden RI Jokowi di acara Sarasehan 100 Ekonom. (Rusman - Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo mengatakan Indonesia berpeluang untuk mencatatkan pertumbuhan ekonomi lebih tinggi dari negara tetangga. Terlebih dari banyaknya mitra dagang strategis yang ekonominya sudah pulih.

"Pandemi harus jadi momentum transformasi Indonesia kita juga mengembangkan ekonomi berkelanjutan green economy dan blue ekonomi sekaligus tumbuh berkualitas dan merata kita punya peluang tumbuh paling tinggi," katanya dalam Webinar Economic Outlook 2022, Rabu (15/9/2021).


Jokowi mengatakan potensi ekspor terbuka lebar, melihat ekonomi mitra dagang kita juga pulih pada Q2 tahun 2021. Dimana China tumbuh 7,9%, AS 12%, Jepang 7,6% m dan India 21%. Menurut dia peluang ini harus dimanfaatkan mendorong ekspor sebanyak banyaknya.

Selain itu investasi Indonesia juga diharapkan tumbuh tinggi dengan adanya kemudahan berusaha dan perizinan dari sistem OSS berbasis risiko. Dalam kesempatan itu dia juga mengajak pengusaha untuk memanfaatkan peluang ini supaya mendorong ekonomi yang berkelanjutan.

Untuk diketahui kondisi penularan Covid di Indonesia sudah membaik. Presiden mengatakan kasus harian turun dari puncaknya pada 15 Juli lalu pada 56 ribu, menjadi 2.500 kasus per hari pada 13 September. Penurunan persentase kasus harian sebesar 13,6% kasus harian per 1 juta, jauh di bawah negara tetangga Asean.


[Gambas:Video CNBC]

(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading