Kabar Baik Jokowi: Covid-19 di RI Sudah Lewati Puncaknya!

News - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
31 August 2021 11:48
Pernyataan Presiden Joko Widodo tentang Perkembangan PPKM Terkini, Istana Merdeka. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan syukur karena Indonesia sudah melewati masa-masa amukan dari kasus Covid-19. Di mana sejak akhir Juni kasus Covid di dalam negeri melonjak tajam akibat masuknya varian delta.

Lonjakan ini membuat pemerintah harus kembali memperketat mobilitas melalui kebijakan PPKM Mikro, Darurat hingga berjenjang yang masih berlangsung hingga saat ini. Terakhir PPKM Level 4 diperpanjang hingga 6 September 2021.

"Alhamdulillah kasus Covid-19 di Indonesia sudah melewati puncaknya dan turun signifikan dalam dua minggu terakhir ini," ujar Jokowi dalam pembukaan Kongres Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI), Selasa (31/8/2021).


Jokowi menjelaskan, sejak dilakukan pengetatan mobilitas kasus positif Covid-19 terus menurun hingga 86,9%. Selain itu angka kesembuhan juga terus meningkat melebihi angka penambahan kasus positif setiap harinya.

"Penurunan bed okupansi red (BOR) nasional saat ini 27%," kata dia.

Meski perkembangannya menunjukkan kinerja positif, namun Jokowi meminta agar masyarakat dan seluruh pembuat kebijakan tidak lemah. Protokol kesehatan (prokes) yang ketat harus tetap dijaga seperti memakai masker, menjaga jarak hingga mencuci tangan.

Selain itu, vaksinasi juga terus harus tetap dilakukan. Lalu bagi masyarakat yang sudah di vaksin juga diingatkan untuk tetap menjaga prokes.

"Kita tidak boleh lengah kita harus tetap waspada. Kita semua harus tetap terus meningkatkan upaya kita untuk mengendalikan pandemi ini. Vaksinasi akan terus kita percepat agar segera memenuhi target," jelasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Waspada Risiko di 2022: Kerugian BUMN Makin Besar!


(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading