Jokowi Sadar Betul, RI Harus Keluar dari 'Jebakan Batman' Ini

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
15 September 2021 10:26
Jokowi bertemu bankir di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (9/9/2021).  (Dok: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada hari ini menyaksikan groundbreaking Pabrik Industri Kendaraan Listrik PT HKML Baterai Indonesia di Karawang, Jawa Barat.

Berbicara di sela groundbreaking, Jokowi menegaskan bahwa era kejayaan komoditas bahan mentah sudah berakhir. Indonesia, kata dia, perlu berbenah,

"Kita harus berani mengubah struktur ekonomi yang selama ini berbasis komoditas untuk masuk ke hilirisasi, masuk ke industrialisasi, menjadi negara industri yang kuat dengan berbasis pada pengembangan inovasi teknologi," kata Jokowi, Rabu (15/9/2021).


Jokowi menegaskan strategi bisnis besar pemerintah adalah bagaimana keluar secepatnya dari jebakan negara pengekspor bahan mentah yang kerap melekat di Indonesia.

"Melepaskan ketergantungan dari produk impor dengan mempercepat revitalisasi industri pengolahan, sehingga bisa memberikan peningkatan nilai tambah ekonomi yang semakin tinggi," jelasnya.

Jokowi mengatakan, pengembangan industri baterai di dalam negeri akan semakin meningkatkan daya tarik Indonesia sebagai negara tujuan investasi dan industri turunannya.

"Baik yang menggunakan baterai seperti investasi motor listrik, bus listrik, dan mobil listrik," jelasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading