Jokowi: Era Kejayaan Komoditas Bahan Mentah Sudah Berakhir!

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
15 September 2021 10:20
Presiden Jokowi di Groundbreaking Pabrik Industri Kendaraan Listrik, Karawang, 15 September 2021

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada hari ini menyaksikan groundbreaking Pabrik Industri Kendaraan Listrik PT HKML Baterai Indonesia di Karawang, Jawa Barat.

Pabrik ini dibangun dengan nilai investasi sebesar US$ 1,1 miliar, dan diharapkan sudah dapat memproduksi kendaraan berbasis listrik pada 2022 mendatang.

"Kita bersyukur hari ini bisa menyaksikan groundbreaking pembangunan pabrik baterai kendaraan listrik pertama di Indonesia, dan bahkan yang pertama di Asia Tenggara," kata Jokowi, Rabu (15/9/2021).


Jokowi mengemukakan, pembangunan pabrik ini merupakan wujud keseriusan pemerintah untuk melakukan hilirisasi industri. Jokowi menegaskan, era kejayaan komoditas bahan mentah sudah berakhir.

"Era kejayaan komoditas bahan mentah sudah berakhir dan kita harus berani mengubah struktur ekonomi yang selama ini berbasis komoditas untuk masuk ke hilirisasi," kata Jokowi.

"Menjadi negara industri yang kuat, berbasis pada pengembangan inovasi teknologi," jelas eks Gubernur DKI Jakarta itu.

Jokowi mengatakan, pengembangan industri baterai di dalam negeri akan semakin meningkatkan daya tarik Indonesia sebagai negara tujuan investasi dan industri turunannya.

"Baik yang menggunakan baterai seperti investasi motor listrik, bus listrik, dan mobil listrik," jelasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading