Mau Status PPKM Turun? Pemda Harus Lakukan Ini

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
13 September 2021 21:10
Pengunjung mall mengikuti vaksinasi Pfizer dari Puskesmas Kecamatan Cilandak di Mall Cilandak Town square, Jakarta, Selasa, 31/8.  Puskesmas Kecamatan Cilandak menggelar program vaksinasi tersebut untuk masyarakat umum. Proses penyuntikan vaksin mulai pukul 08.00 WIB hingga kuota habis sebanyak 500 orang. Informasi pendaftaran vaksinasi itu didapat dari unggahan di akun Instagram @puskesmaskecamatancilandak, pada Rabu, 25 Agustus 2021. Khusus untuk vaksin hari ini, Kamis, 26 Agustus 2021, pendaftaran bisa dilakukan dengan mengakses link https://www.serbuanvaksin24.org. Dalam surat Dinkes DKI juga menjelaskan sejumlah syarat untuk mendapatkan vaksin Pfizer. Diantaranya, dialokasikan untuk masyarakat umum yang belum pernah mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis 1 maupun dosis 2. Kemudian, sasaran juga termasuk bagi ibu hamil, ibu menyusui, masyarakat yang memiliki kondisi immunocomprised seperti autoimun, komorbid berat, penyakit kronis dan gangguan imunologi lainnya.(CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah mengubah aturan PPKM Jawa dan Bali. Kini vaksinasi Covid-19 menjadi syarat bila suatu wilayah PPKM Level 3 ingin turun ke level 2 dan Level 1.

Koordinator PPKM Jawa dan Bali Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bila suatu daerah ingin menurunkan PPKM level 3 ke Level 2 jumlah masyarakat yang harus divaksin satu dosis minimal 50% dari target vaksinasi dan cakupan lansia harus 40%.

"Cakupan dosis pertama minimal 70% [dari target vaksinasi] di mana cakupan lansia 60% untuk turun dari PPKM level 2 ke level 1," ujar Luhut Pandjaitan dalam konferensi pers digital di Jakarta, Senin (13/9/2021).


Luhut mengatakan kota yang saat ini menerapkan PPKM level 2 memiliki waktu 2 minggu untuk mengejar target vaksinasi tersebut. Apabila tidak tercapai levelnya akan dinaikkan lagi.

"Vaksinasi penting dan terbukti melindungi dari sakit parah dan kematian lansia. Target vaksinasi tinggi seperti di atas kunci utama dalam fase bersama hidup dengan Covid-19," terang Luhut.

Penambahan vaksinasi dalam syarat penurunan status PPKM ini tak lepas dari evaluasi di mana ditemukan adanya 41 juta dosis vaksin di Provinsi dan kabupaten/kota yang belum disuntikkan padahal animo masyarakat tinggi.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

IDAI: Imunisasi Anak Terpaksa Harus Ditunda Saat PPKM Darurat


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading