Wamenkes Beberkan Antisipasi Penularan Covid Saat PON Papua

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
06 September 2021 20:15
Konferensi Pers PPKM (6/9/2021). (Tangkapan layar Youtube Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi RI)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pekan Olah Raga Nasional (PON) XX di Papua akan diselenggarakan pada 2-15 Oktober mendatang. Dalam masa pandemi ini pemerintah sudah mempersiapkan beberapa hal supaya angka penularan virus corona tidak melonjak karena adanya acara olahraga empat tahunan itu.

"Dalam menghadapi PON, kita sudah melakukan beberapa persiapan kegiatan, seperti 420 orang tenaga medis, sistem rujukan dan ambilan, dan melakukan serangkaian kegiatan vaksinasi," kata Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono, dalam konferensi pers, Senin (6/9/2021) malam.

Dia mengakui, beberapa daerah masih butuh percepatan vaksinasi, terutama di Kota Jayapura, Kabupaten Marauke, Kabupaten Mimika, Kabupaten Jayapura, dan Kabupaten Keerom.


Dante mengatakan, Indonesia telah melewati masa puncak kasus konfirmasi Covid-19, baik dilihat dari sisi kasus konfirmasi, jumlah orang yang dirawat di rumah sakit, maupun tingkat kematian.

Namun demikian, dia mengimbau agar masyarakat jangan terlena dengan penurunan kasus Covid-19 saat ini. Menurutnya saat ini menjadi momentum melakukan penguatan terhadap ketahanan kesehatan di Indonesia.

Dia melihat pengalaman negeri maju seperti Amerika Serikat, Inggris dan Israel, dengan tingkat vaksinasi tinggi namun masih terjadi peningkatan kasus Covid-19.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ini Pesan Komandan Kontingen ke Atlet PON XX Jabar


(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading