PPKM Jawa-Bali Berakhir, Sepertinya Sih Diperpanjang...

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
06 September 2021 10:44
Pernyataan Presiden Joko Widodo tentang Perkembangan PPKM Terkini, Istana Merdeka. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah akan menentukan nasib pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di wilayah Jawa Bali yang akan berakhir pada hari ini, Senin (6/9/2021).

Lantas, apakah PPKM akan kembali diperpanjang? Bagaimana kondisi pandemi di Tanah Air? Apakah semakin terkendali?

Kementerian Kesehatan melaporkan, pasien positif corona di Indonesia pada 5 September 2021 bertambah 5.403 orang. Ini adalah yang terendah sejak 3 Juni 2021


Dalam seminggu terakhir, rata-rata pasien positif corona bertambah 7.884 orang per hari. Jauh menurun ketimbang rerata tujuh hari sebelumnya yaitu 13.482 orang saban harinya.

Puncak kasus positif harian terjadi pada 15 Juli 2021. Kala itu, pasien positif bertambah hingga 56.757 orang dalam sehari.

Sejak puncak itu, kasus positif sudah turun drastis. Dibandingkan posisi puncak tersebut dengan kemarin, tambahan pasien positif sudah berkurang 90,48%. Pencapaian yang patut mendapatkan apresiasi.

Saat pasien baru berkurang, jumlah pasien yang sembuh meningkat. Per 5 September 2021, pasien sembuh bertambah 10.191 orang.

Dalam beberapa waktu terakhir, jumlah pasien sembuh selalu lebih tinggi ketimbang pasien baru. Ini membuat angka kasus aktif terus berkurang.

Kasus aktif adalah pasien yang masih dalam perawatan, baik di fasilitas kesehatan maupun mandiri. Data ini memberi gambaran seberapa berat beban yang ditanggung oleh sistem pelayanan kesehatan sebuah negara.

Per 5 September 2021, jumlah kasus aktif corona di Indonesia tercatat 155.519 orang, berkurang 5.180 orang dari hari sebelumnya. Ini adalah angka terendah sejak 22 Juni 2021.

Laju vaksinasi anti-virus corona pun semakin cepat. Per 4 September 2021, jumlah vaksin yang sudah disuntikkan ke lengan rakyat Ibu Pertiwi mencapai 104.384.321 dosis.

Indonesia jadi negara dengan jumlah vaksinasi terbanyak keenam di dunia. Di level Asia, Indonesia menempati peringkat ketiga, hanya kalah banyak dari India dan Jepang.

Perkembangan pandemi Covid-19 memang semakin terkendali. Namun, nampaknya pemerintah belum akan menghilangkan kebijakan PPKM, lantaran situasinya masih bersifat dinamis.

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan pernah menegaskan bahwa pelaksanaan PPKM akan terus dilanjutkan selama pandemi belum berakhir.

"Saya ingin menjelaskan bahwa selama Covid-19 ini masih menjadi pandemi, PPKM ini akan tetapi digunakan sebagai instrumentation untuk mengendalikan mobilitas dan aktivitas masyarakat," kata Luhut, pertengahan Agustus lalu.

Pernyataan Luhut muncul setelah perkembangan kasus Covid-19 di Tanah Air kala itu melonjak. Namun dengan perkembangan yang terkendali saat ini, masyarakat boleh saja berharap PPKM kembali dilonggarkan.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ini Dia Perbedaan Jelas untuk PPKM Level 2, 3, dan 4


(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading