Ada Selangnya, Prabowo Gunakan Masker Jenis Apa Ya?

News - Redaksi CNBC Indonesia, CNBC Indonesia
24 August 2021 13:56
Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada hari ini bertolak menuju Provinsi Kalimantan Timur untuk melakukan kunjungan kerja. (Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada hari ini meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk pelajar di Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Selasa (24/8/2021).

Dalam tayangan Youtube Sekretariat Presiden, peninjauan vaksinasi Covid-19 yang dilakukan Jokowi kali ini memang sedikit berbeda dari biasanya. Kali ini, Jokowi ditemani oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Masker yang digunakan Prabowo sempat mencuri perhatian lantaran ia mengenakan masker yang tampak memiliki selang. Padahal, Jokowi dan para pejabat lain yang mendampingi hanya mengenakan masker biasa.


Masker yang digunakan Prabowo berwarna putih lengkap dengan selang yang langsung menyambung ke kotak kecil yang terpasang di pakaian yang dikenakan oleh Prabowo.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada hari ini bertolak menuju Provinsi Kalimantan Timur untuk melakukan kunjungan kerja. (Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden)Foto: Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada hari ini bertolak menuju Provinsi Kalimantan Timur untuk melakukan kunjungan kerja. (Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada hari ini bertolak menuju Provinsi Kalimantan Timur untuk melakukan kunjungan kerja. (Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Masker yang dikenakan Prabowo adalah masker HEPA filter atau High Efficiency Particulate Air sejenis penyaring udara mekanis yang bekerja menyaring debu, asap rokok, bulu hewan, dan sejenisnya.

Berdasarkan hasil penelitian Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Menular (CDC) Amerika Serikat, pembersih udara dengan HEPA dapat mengurangi tingkat penularan Covid-19 di dalam ruangan hingga 65%.

Hal tersebut tertuang dalam publikasi laporan CDS berjudul Efficacy of Portable Air Cleaners and Masking for Reducing Indoor Exposure to Simulated Exhaled Sars-Cov-2 Aerosol. Laporan tersebut dipublikasikan pada bulan lalu.

Masker jenis ini telah dijual di berbagai pelapak e-commerce dengan kisaran harga Rp 600 ribu hingga Rp 800 ribu per buah.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Mengintip Masterplan Alutsista A La Prabowo, Seperti Apa?


(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading