Ini Serius, Jokowi Siapkan Strategi Hidup Bersama Pandemi!

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
23 August 2021 20:41
Konferensi Pers Evaluasi dan Penerapan PPKM/ Youtube : PerekonomianRI

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah sedang menyiapkan strategi baru menghadapi pandemi Covid-19. Warga Indonesia akan dipersiapkan untuk bisa hidup bersama dengan pandemi Covid-19. Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah memberi perintah soal penyiapan strategi hidup bersama pandemi ini.

"Ratas (rapat terbatas) tadi presiden meminta kami untuk bisa mulai menyusun strategi hidup bersama pandemi, bukan hanya strategi penanganan pandemi," kata Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, dalam paparannya Senin (23/8/2021).

Budi menegaskan, ke depan Indonesia tidak hanya bicara mengatasi pandemi tapi strategi hidup bersama epidemi, dari sisi protokol kesehatan (prokes), testing, tracing, dan perawatan pasien.


Hal yang sama pun disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi yang juga koordinator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa-Bali, Luhut Binsar Pandjaitan.

"Sudah desain kita hidup dengan Covid-19. Menkes punya portofolio menyiapkannya. Kita mau ini membuat harus hati-hati karena belum ada satu negara yang bisa mengatasi ini kita posisi yang sama apa yang kita lakukan bersama bahu membahu bisa mengurangi dampak yang tidak diinginkan," kata Luhut.

Luhut juga menegaskan, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) masih akan terus berlaku selagi ada pandemi Covid-19. "Perlu kita ketahui PPKM akan berlaku selama pandemi," kata Luhut.

Luhut beralasan, artinya selama pandemi ada, maka kebijakan PPKM masih akan ada, yang bedanya hanya levelnya saja. Ia beralasan PPKM sebagai alat menyeimbangkan Covid-19 dengan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja, selama hidup bersama pandemi.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading