Internasional

Tiap 1 Jam, Ada 42 Orang Meninggal di AS karena Covid-19

News - Tommy Patrio Sorongan & yun, CNBC Indonesia
20 August 2021 06:04
Pandemi Covid-19 di Amerika Serikat. (AP Photo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pandemi di Amerika Serikat (AS) semakin parah, bahkan data terbaru menyebut bahwa kematian di atas seribu kasus per hari.

Daya yang disajikan Reuters pada Rabu (18/8/2021) waktu AS, setidaknya ada 1.107 kasus kematian akibat Covid-19. Artinya, setiap satu jam ada 42 orang yang meninggal.


Kejadian ini merupakan yang pertama kalinya sejak Maret 2021. Adapun sejak Februari, setidaknya kasus AS mulai melandai akibat vaksinasi.

Sayangnya meskivarian Delta masuk sejak Juni lalu, sebagian warga tetap enggan divaksin. Alasannya, vaksinasi bukan keharusan di AS, yang berimbas pada kasus yang terus meningkat.

Saat ini dilaporkan bagaimana rumah sakit (RS) AS terus dibanjiri pasien rawat inap, hingga meningkat 70% dalam dua minggu terakhir. Masih dalam data yang sama, total kematian di AS mencapai 623 ribu kematian, namun data Worldmeters mencatat kematian sudah mencapai 641 ribu kasus.

Jika ditelusuri lebih jauh, rata-rata infeksi per minggu naik 1.000% dibanding Juni lalu. Merujuk pada data interaktif Covid-19 milik New York Times, pada akhir Juni lalu rata-rata kasus infeksi di Negeri Paman Sam masih berada di level 11 ribuan per minggunya. Namun saat ini rata-rata infeksi mingguan telah mencapai 141 ribu kasus perharinya.

AS bagian selatan menjadi pusat wabah. Dengan jumlah kasus aktif terbanyak ada di California dan Florida. Jumlah anak-anak yang terinfeksi juga meningkat hingga menjadi 1.834 per Selasa. Pakar mengaitkan banyaknya anak-anak terinfeksi dengan varian Delta, selain strain lain Alpha.

"Kita berada di pertengahan musim panas, orang-orang mulai berkumpul, mereka dalam kelompok yang besar. Vaksin telah membuat mereka merasa aman, dan mereka lupa dengan protokol kesehatan," kata Dekan Rutgers School of Public Health, dr. Perkin Halkitis, dalam wawancara bersama CNBC International menyebut penyebab lain kenaikan kasus.

Sebelumnya awal Agustus, penasehat medis Gedung Putih Dr Anthony Fauci, memberikan sebuah peringatan dalam pandemi Covid-19 di AS. Ia menyebut bahwa penambahan jumlah kasus harian dapat mencapai 200 ribu kasus pada musim gugur.

"Ingat, hanya beberapa bulan yang lalu, kami mengalami sekitar 10.000 kasus sehari," kata Fauci dalam sebuah wawancara dikutip media setempat The Hills.


[Gambas:Video CNBC]

(yun/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading