70% Harga Mobil Listrik Ada di Baterai, Bisa Lebih Murah?

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
18 August 2021 14:47
Nissan Leaf (nissan.ca)

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Nissan Motor Distributor Indonesia (NMDI) resmi Meluncurkan mobil listrik anyar All New Nissan LEAF di Indonesia hari ini (18/8/21). Mobil listrik baterai ini ditawarkan dengan harga Rp 649 juta untuk opsi one tone dan Rp 651 juta untuk opsi dual tone.

Sales & Marketing Director NMDI Tan Kim Piauw menyebut tidak menutup kemungkinan harga mobil ini bakal menjadi lebih murah dalam waktu yang akan datang.

"Itu tergantung pengembangan teknologi. Bicara mobil listrik, salah satu komponen yang sangar besar dari unsur mobil itu di baterai. Baterai itu bergantung mineral yang ada, seperti nikel dan lain-lain, kita berharap ke depan para produsen bisa menciptakan teknologi lebih tinggi lagi, jadi harga bisa ditekan," kata Tan dalam dalam perilisan All New Nissan Leaf, Rabu (18/8/21).


Adapun nilai baterai sangat mendominasi dari harga mobil listrik itu sendiri, yakni mencapai 60%-70%. Jika harga baterai bisa ditekan, misalnya dengan teknologi baru, maka harga mobil listrik pun bisa lebih murah. Namun, andil pemerintah juga sangat berperan dalam harga yang ditebus konsumen.

"Terkait Nissan Leaf di Indonesia pada tahun ini dan tahun depan, harga itu ditentukan regulasi maupun peraturan dari pemerintah, kami sebagai agen pemegang merek siap mendukung program pemerintah, kalau pemerintah memberikan relaksasi juga mobil listrik ini tentu sangat bisa membantu masyarakat mendapatkan harga lebih murah lagi," jelas Tan.

Nissan Leaf sebenarnya sudah hadir sejak beberapa tahun lalu, bahkan hingga kini sudah dijual di 59 negara. Namun mobil yang mampu berakselerasi 0-100 km per jam dalam waktu 7,9 detik dengan kecepatan maksimal 155 km per jam ini baru hadir di Indonesia tahun ini.

"Kenapa baru launching padahal sudah sudah satu atau dua tahun lalu sudah dibawa Nissan Motor Indonesia? Ini untuk mendukung program pemerintah dalam elektrifikasi, pemerintah sedang gencar dalam mobil listrik roda 4 dan 2, kami nilai saat ini paling tepat untuk meluncurkan Nissan Leaf di Indonesia," kata Presiden Direktur Nissan Motor Distributor Indonesia, Evensius Go.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Harga Termurah Masih 3 Kali Avanza, Mobil Listrik Berat di RI


(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading