Internasional

Dari Humvee Sampai Tank AS Kini Dikuasai Taliban

News - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
18 August 2021 10:56
Pejuang Taliban. (AP/Gulabuddin Amiri)

Jakarta, CNBC Indonesia - Seiring kepergian tentara Amerika Serikat dari Afganistan, ribuan kendaraan yang sebelumnya jadi kendaraan operasional dan kendaraan pengamanan kini berpindah tangan. Jenisnya pun bermacam, dari Ford Ranger, Humvee, sampai tank.

Tentara Amerika Serikat sejak beberapa pekan lalu mulai menarik diri dari Afganistan. Kondisi ini memunculkan kekacauan di negara tersebut, di mana pasukan Taliban perlahan mulai menguasai banyak kota termasuk Kabul.

Saat pasukan Amerika Serikat, staff, hingga personel lokal dipastikan dievakuasi dengan selamat, berbagai perlengkapan pendukung diperkirakan tertinggal (atau ditinggal) di sana. Salah satunya adalah kendaraan-kendaraan pendukung operasi keamanan pasukan AS.

Dikutip dari Autoblog, setidaknya ada ribuan kendaraan milik tentara Amerika Serikat ditinggal di Afganistan dan kini dikuasai Taliban.

Disebutkan, tentara Amerika Serikat memiliki 901 Ford Ranger spesifikasi militer di Afganistan. Dari jumlah tersebut 877 di antaranya sudah dikuasai Taliban, sementara 24 lainnya dihancurkan.

Simak Artikel Selengkapnya >> Klik di Sini



[Gambas:Video CNBC]

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading