Jadi Kado HUT ke-76 RI, Proyek 4 Bendungan Siap Diresmikan!

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
16 August 2021 10:15
Presiden Jokowi Meresmikan Bendungan Tapin, Kabupaten Tapin, 18 Februari 2021 (Youtube Setpres RI)

Jakarta, CNBC Indonesia - Empat bendungan dan satu bendung sudah selesai konstruksinya dan siap diresmikan. Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan sekaligus Juru Bicara Endra S. Atmawidjaja, mengatakan waktu peresmian masih menunggu arahan istana kepresidenan.

"Pada prinsipnya kami telah siap di bulan Agustus, dan kami menunggu petunjuk dari istana. Saat ini balai-balai besar wilayah sungai (BBWS) di lingkungan Ditjen Sumber Daya Air sedang melakukan perapihan saja, semoga 4 bendungan dan 1 bendung bisa jadi kado kemerdekaan untuk HUT RI ke-76 ini," jelasnya dalam keterangan resmi, Minggu (15/8/2021).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan empat bendungan itu adalah bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN), yang masuk dalam Perpres Nomor 109 Tahun 2020 tentang Percepatan Pelaksanaan PSN.


Bertujuan untuk peningkatan volume tampungan air sehingga pasokan air irigasi ke lahan pertanian terus terjaga, penyediaan air baku dan pengendalian banjir. Hingga menjadi sumber penciptaan tenaga listrik dan menjadi objek wisata.

"Pembangunan bendungan akan diikuti dengan pembangunan jaringan irigasinya. Sehingga dengan adanya suplai air petani yang sebelumnya satu kali tanam setahun bisa bertambah 2-3 kali tanam," kata Basuki.

Keempat bendungan PSN itu adalah, Way Sekampung di provinsi Lampung dengan kapasitas tampung 68 juta meter kubik. Bendungan Bendo di Desa Ngindeng, kecamatan Sawoo di Kabupaten Ponorogo dan Madiun Jawa Timur dengan kapasitas tampung 43,11 juta meter kubik.

Bendungan Kuningan, Jawa Barat dengan kapasitas tampung mencapai 25,9 juta meter kubik. Terakhir Bendungan Paselloreng di Sulawesi Selatan dengan kapasitas tampung 138 meter kubik. Kemudian satu Bendung Gilireng di Desa Arajang, kecamatan Gilireng, Kabupaten Wajo untuk mengalirkan lahan-lahan pertanian di Kabupaten Wajo.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

2 Bendungan Dikebut Cegah Banjir DKI, Proyek Jokowi or Anies?


(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading