Ini Gambaran Saat RI Bakal Hidup Bersama dengan Covid-19

News - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
12 August 2021 09:40
Petugas mengecek kartu vaksin pengunjung yang akan masuk kedalam mal ITC Fatmawati, Selasa (3/8/2021). Pengelola pusat perbelanjaan mendukung rencana masuk mal harus menunjukkan setifikat vaksin, hal ini dinilai dapat mempercepat program vaksinasi Covid-19 dan untuk mencapai kekebalan kelompok (herd immunity). (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - WHO tengah menyiapkan panduan bagaimana hidup 'berdampingan' dengan Covid-19. Saat ini beberapa negara-negara juga tengah 'pasrah' dan menyiapkan beberapa protokol hidup bersama Covid-19.

Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Prof. Wiku Adisasmito berujar, sebagaimana arahan presiden bahwa saat ini bersiap dengan situasi, Covid-19 akan hidup bersama masyarakat dalam waktu tak sebentar.

"Tak hanya RI hadapi ini. Negara lain dan organisasi seperti World Bank dan WHO menyiapkan panduan sisi kesehatan dan ekonomi. Pemerintah akan memantau kondisi demi mengambil kebijakan yang tepat, baik kesehatan pemulihan ekonomi," kata Wiku.


Menurut dia, upaya terbaik adalah bagaimana menjalani dinamika yang ada. Selain itu memaksimalkan upaya pengendalian untuk melakukan proteksi secara maksimal.

Hidup bersama dengan Corona atau penyakit Covid-19 memang jadi pilihan banyak negara di dunia. Singapura sempat heboh dengan pilihannya mengganggap Covid-19 bakal seperti 'flu biasa' sehingga memilih jalan 'berdamai' dengan Covid-19.

Namun, jauh sebelum Singapura mendeklarasikan sikap itu, di Indonesia Presiden Jokowi sudah meramalkan soal kondisi berdamai demikian dalam konteks tahun lalu saat vaksin efektif belum ditemukan kala itu, tapi tampaknya meski vaksin sudah ditemukan, hidup bersama dengan corona masih jadi pilihan.

Masker Terus Sepanjang Hari >> Halaman Selanjutnya

Masker Terus Sepanjang Hari
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading