Internasional

Jadi Mata-mata Rusia, 'James Bond' Ini Ditangkap di Jerman

News - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
11 August 2021 21:10
Jerman

Jakarta, CNBC Indonesia - Polisi Jerman telah menangkap seorang pria Inggris yang diduga sebagai mata-mata Rusia. Pria tersebut merupakan warga negara Inggris yang bekerja di kedutaan di Berlin, alias diplomat Inggris.

Pria berusia 57 tahun ini ditangkap pada Selasa (10/8/2021) di Potsdam, tepat di luar Berlin. Dia diketahui bekerja sebagai anggota staf lokal di kedutaan Inggris hingga hari penangkapannya.

Seperti adegan dalam film-film agen rahasia Inggris, "James Bond" yang diproduksi Hollywood, pria tersebut dicurigai sebagai mata-mata Rusia dan memata-matai Inggris setelah diketahui menyerahkan dokumen ke dinas intelijen Rusia dengan imbalan uang tunai.


Hal ini disampaikan oleh Jaksa Jerman dalam sebuah pernyataan. Jaksa menyebutkan bahwa pihaknya telah melakukan penggeledahan di apartemen dan tempat kerja sang 'James Bond' ini.

Setelah penggeledahan, pria yang teridentifikasi sebagai David S tersebut akan dibawa ke hadapan hakim untuk menentukan apakah harus ditahan atau tidak.

"Terdakwa menerima pembayaran tunai dalam jumlah yang tidak ditentukan sebagai imbalannya. Tersangka diyakini telah memata-matai sejak November 2020," ujar Jaksa yang dikutip dari aljazeera, Rabu (11/8/2021).

Terkait penangkapan ini, Kementerian Luar Negeri Jerman mengatakan masih dalam proses penanganan kasus dengan serius. Sebab, tindakan memata-matai negara-negara sekutu Jerman tidak dapat diterima.

Juru Bicara Kemenlu Jerman juga meyakinkan bahwa pihaknya akan memantau dan mengawal proses penyelidikan yang dilakukan Jaksa Penuntut Umum Jerman dengan ketat.


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading