Terungkap! 13 Kota yang Bebas Belenggu PPKM Level 4, Cek nih

News - Monica Wareza, CNBC Indonesia
07 August 2021 15:55
Pengendara melewati jalur alternatif untuk melewati penyekatan PPKM Darurat di Jakarta, Selasa (6/7/2021). (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 akan segera berakhir pada Senin (9/8/2021) mendatang. Namun, sejak pekan lalu telah terdapat 13 daerah yang beban dari penerapan PPKM level 4 ini.

Daerah yang lepas dari belenggu PPKM level 4 ini berasal dari tiga provinsi di pulau Jawa, yakni Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Wakil Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan dalam penerapan PPKM Level 4, terdapat 12 Kabupaten Kota yang dapat masuk ke Level 3 dan 1 Kabupaten yang masuk ke Level 2.


Hanya saja, satu kabupaten yang masuk level 2 tidak disebutkan oleh Luhut.

"Namun terdapat beberapa Kabupaten Kota yang akhirnya kembali pada Level 4, bukan karena peningkatan kasus tetapi lebih kepada peningkatan kasus kematian," kata Luhut yang juga Menko Maritim dan Investasi ini, dalam keterangannya pekan ini.

Berikut ini adalah daftar 12 kota (dan kabupaten) yang berhasil turun dari PPKM Level 4 ke Level 3.

Banten

Kota Serang


Jawa Barat

Kabupaten Karawang

Kota Tasikmalaya

Jawa Tengah

Kabupaten Jepara

Kabupaten Tegal

Kabupaten Pati

Kabupaten Temanggung

Kabupaten Kudus

Kabupaten Banjarnegara

Jawa Timur

Kabupaten Tuban

Kabupaten Jember

Kabupaten Bojonegoro.


Sementara itu, PPKM level 4 masih terus berlangsung di beberapa wilayah hingga 9 Agustus ini dan menunggu perkembangan lanjutannya.

Kebijakan PPKM level 4 ini disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan mempertimbangkan data-data perkembangan Covid-19 di berbagai daerah.

"Oleh karena itu, dengan mempertimbangkan perkembangan beberapa indikator kasus pada minggu ini pemerintah memutuskan untuk melanjutkan penerapan PPKM level 4 dari tanggal 3 sampai dengan 9 Agustus 2021 di beberapa kabupaten kota tertentu, dengan penyesuaian aktivitas dan mobilitas masyarakat sesuai kondisi masing-masing daerah," kata Jokowi, Senin (2/8/2021).


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Arahan Luhut Soal Aktivitas Saat PPKM Level 4 di 95 Kota/Kab


(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading