Kasus Aktif Covid Ditarget Turun ke 200.000 di Kuartal IV

News - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
06 August 2021 07:15
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto Saat Konferensi Pers Virtual Evaluasi dan Penerapan PPKM (Tangkapan Layar Youtube Kemenko Marves)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah akan terus menekan kasus aktif dari covid-19 agar tren pemulihan ekonomi tetap terjaga.

Kasus aktif covid kini masih berada di atas 500 ribu orang dengan tambahan setiap harinya sekitar 30 ribu pasien.

"Diharapkan bahwa bawa angka di atas 500.000 ini dengan berbagai kegiatan yang dilakukan pemerintah, maka bisa ditekan ke bawah kembali dan pemerintah untuk menetapkan bahwa angka kasus aktif ini juga bisa ditekan di bawah 200 ribu, diharapkan masuk di kuartal IV," ungkap Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dalam konferensi pers, Kamis (5/8/2021).


Pada kuartal II - 2021, ekonomi Indonesia berhasil tumbuh 7,07% dan membawah keluar dari jurang resesi. Dalam periode tersebut kasus aktif hanya sekitar 100 ribu orang.

"Tentu dengan positivity rate kasus aktif turun kita masih berharap pertumbuhan ekonomi bisa digenjot ke arah positif kembali dan di kuartal III kita masih melihat kapan kita bisa mendorong kegiatan mobilitas masyarakat. Sebab Agustus kita masih terus terapkan PPKM yang tekan mobilitas," paparnya.

Caranya adalah dengan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level sesuai dengan kondisi wilayah dan percepatan vaksinasi.

"Pemerintah dorong vaksinasi Agustus disiapkan 73 juta dosis dan pemerintah tentu sektor hilir tingkatkan kapasitas rumah sakit dan ketersediaan obat dan tenaga kesehatan," pungkasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Faisal Basri: Butuh 2-3 Tahun Ekonomi RI Bisa Naik Kelas Lagi


(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading