Airlangga Pamer PDB RI 7,07% di Atas India Hingga Jepang

News - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
05 August 2021 16:21
Konferensi Pers Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Triwulan II-2021 (Tangkapan Layar Youtube)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan pertumbuhan ekonomi pada triwulan II-2021 yang mencapai 7,07% (yoy) merupakan yang tertinggi sejak krisis Subprime Mortgage di Amerika Serikat (AS) beberapa tahun lalu. Angka tersebut juga berhasil mengalahkan negara lain seperti India hingga Jepang.

"Ekonomi tumbuh 7,07% year on year ini tertinggi sejak subprime mortgage dan lebih tinggi dari negara tetangga seperti India, Vietnam, Korea Selatan hingga Jepang," kata Airlangga dalam konferensi pers virtual, Kamis (5/8/2021).

Pertumbuhan tersebut ditopang kinerja ekspor yang menurut Airlangga dipengaruhi permintaan yang tinggi.

Selain itu, permintaan domestik seperti makanan dan minuman juga tumbuh tinggi. "Pengolahan dan perdagangan kontributor utama perekonomian dan membaiknya perekonomian domestik serta global," ungkap Airlangga.

Untuk informasi, Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan data pertumbuhan ekonomi Indonesia kuartal II-2021. Hasilnya tidak jauh dari ekspektasi pasar.

Pada Kamis (5/8/2021), Kepala BPS Margo Yuwono melaporkan ekonomi Indonesia yang diukur dari Produk Domestik Bruto (PDB) tumbuh 7,07% pada kuartal II-2021 dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya (year-on-year/yoy).



[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Sri Mulyani Beberkan Hal Besar Ancam Ekonomi RI, Ngeri!


(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading