Mau Ekonomi RI Tumbuh Tinggi? Ini Syaratnya!

News - Lidya Julita Sembiring-Kembaren, CNBC Indonesia
05 August 2021 12:16
Tenaga kesehatan menyuntikan vaksin kepada warga di MTs As-Syafiiyah, Cilangkap, Jakarta, Kamis (3/6/2021). Vaksinasi massal di zona merah RT 03/ RW 03 Cilangkap akibat klaster halal bi halal itu dilakukan terhadap warga yang telah menjalani tes usap dengan hasil negatif. Vaksinasi diberikan kepada warga yang sebelumnya telah dinyatakan negatif Covid-19 hasil swab PCR. (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan ekonomi Indonesia pada kuartal II-2021 tumbuh 7,07% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya (year-on-year/yoy). Dinamika pandemi virus corona (Coronavirus Disease-2019/Covid-19) sangat menentukan kondisi perekonomian nasional.

"Aktivitas masyarakat membaik, ekonomi pasti akan tumbuh. Jadi kuncinya adalah penanganan kesehatan," kata Margo Yuwono, Kepala BPS, dalam jumpa pers secara virtual, Kamis (5/8/2021).

Saat pandemi terkendali, lanjut Margo, maka masyarakat akan lebih percaya diri dalam melakukan aktivitas dan mobilitas. Ini terlihat pada kuartal II-2021, saat kasus positif harian melambat maka mobilitas masyarakat akan meningkat.


coronaSumber: BPS

"Dengan masifnya vaksinasi dan jumlah kasus positif harian pada kuartal II-2021 lebih rendah, ini meningkatkan kepercayaan diri masyarakat sehingga mobilitas meningkat," lanjut Margo.

Oleh karena itu, Margo menekankan bahwa penanganan pandemi menjadi sangat penting. Tidak hanya menjadi tugas pemerintah, masyarakat juga memiliki peran penting.

"Angka 7,07% ini memberikan klarifikasi bahwa membaiknya penanganan Covid-19 akan mendorong mobilitas masyarakat dan ekonomi akan membaik. Penanganan kesehatan ini menjadi tanggung jawab kolektif kita yakni dengan mematuhi protokol kesehatan dan vaksinasi untuk mewujudkan kekebalan kolektif sehingga ekonomi membaik pada triwulan berikutnya," jelas Margo.


[Gambas:Video CNBC]

(aji/aji)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading