Daftar Wilayah yang Sudah Bebas Belenggu PPKM Level 4

News - dob, CNBC Indonesia
04 August 2021 07:25
Meningkatnya kasus Covid-19 di Jakarta membuat pelayanan sistem Drive thru banyak dilakukan oleh sebagian farmasi di Jakarta. (Cnbc Indonesia/Tri Susilo))

Jakarta, CNBC Indonesia - Berkat sejumlah penanganan Covid-19, sejumlah daerah di Jawa dan Bali meninggalkan status PPKM level 4 dan turun ke level 3. Wilayah tersebut mendapatkan kebijakan yang lebih longgar dalam aktivitas ekonomi maupun sosial pada periode 3 sampai 9 Agustus 2021,

Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, sebanyak 12 kota yang turun menjadi PPKM level 3 dan terdapat 1 kabupaten yang turun dari level 3 menjadi level 2. Kabupaten tersebut adalah Tasikmalaya yang menjadi satu-satunya di Jawa dan Bali yang mendapatkan status PPKM Level 2.

 "Terdapat satu kabupaten di wilayah Jawa-Bali yang berhasil turun status ke level 2, yakni Kabupaten Tasikmalaya dan kami juga apresiasi 12 kabupaten/kota yang turun dari level 4 ke 3," kata Wiku dalam konferensi pers secara virtual, Selasa (3/8/2021).


Wiku menambahkan bahwa bagi wilayah yang masuk level 3 dan 2, pemerintah daerah diberikan otoritas lebih dari pemerintah pusat untuk mengatur pembatasan kegiatan masyarakat secara lebih ketat. Hal ini berbeda dengan PPKM level 4 yang diatur ketat oleh pemerintah pusat.

Berikut ini adalah daftar kota yang berhasil turun dari PPKM Level 4 ke Level 3 sesuai dengan Instruksi Mendagri nomor 27 tahun 2021:

Banten

  1. Kota Serang,

Jawa Barat

  1. Kabupaten Karawang, dan
  2. Kota Tasikmalaya

Jawa Tengah

  1. Kabupaten Jepara,
  2. Kabupaten Tegal,
  3. Kabupaten Pati
  4. Kabupaten Temanggung,
  5. Kabupaten Kudus, dan
  6. Kabupaten Banjarnegara,

Jawa Timur

  1. Kabupaten Tuban,
  2. Kabupaten Jember dan
  3. Kabupaten Bojonegoro

Selanjutnya wilayah yang awalnya level 3 menjadi level 2 adalah Kabupaten Tasikmalaya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Wajib Tahu! Ini Beda Aturan PPKM Wilayah Level 4 & Level 3


(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading