Mutasi 60 Pati TNI: Danpaspampres Jadi Pangdam III/Siliwangi

News - Muhammad Iqbal, CNBC Indonesia
03 August 2021 19:57
Prajurit TNI

Jakarta, CNBC Indonesia - Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Marsekal Hadi Tjahjanto melakukan mutasi dan promosi perwira tinggi (pati) di lingkungan TNI. Demikian disampaikan Kepala Bidang Penerangan Umum Pusat Penerangan TNI, Kolonel Laut Edys Riyanto, dalam keterangan tertulis, Selasa (3/8/2021).

Instruksi promosi dan mutasi itu tertuang dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/684/VIII/2021 tanggal 2 Agustus 2021 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI.

"Telah ditetapkan mutasi dan promosi jabatan 60 Perwira Tinggi (Pati) TNI terdiri dari 31 Pati TNI AD, 13 Pati TNI AL dan 16 Pati TNI AU," kata Edys.

Di lingkungan TNI AD, dalam proses mutasi tersebut, Hadi mempromosikan Brigjen Tri Budi Utomo yang sebelumnya Wakil Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus untuk menjadi Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres). Danpaspampres sebelumnya, Mayjen Agus Subiyanto, dimutasi menjadi Pangdam III/Siliwangi.



Ada beberapa pati lain yang mengalami mutasi dan rotasi di TNI AD antara lain Mayjen Jeffry Apoly Rahawarin menjadi Pangkogabwilhan III, Mayjen Bambang Ismawan menjadi Pangdam XVI/Patimura. Lalu, ada pula Mayjen Nugroho Budi Wiyanto menjadi Irjenad, hingga Kolonel Inf Deddy Suryadi menjadi Wadanjen Kopassus.

Sementara itu di lingkungan TNI AL, ada Laksda TNI Muhammad Ali menjadi Pangkogabwilhan I, Laksda TNI Arsyad Abdullah menjadi Pangkoarmada I, hingga Laksma TNI Erwin S. Aldedharma menjadi Pangkolinlamil.

Kemudian di TNI AU ada Kolonel Pas Budi Sumarsono menjadi Kaskogartap II/Bandung.

Berita selengkapnya >>> Klik di sini



[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading