Ramalan Luhut: Covid-19 Sepekan ke Depan Membaik!

News - Anisatul Umah, CNBC Indonesia
03 August 2021 08:55
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan Saat Konferensi Pers Virtual Evaluasi dan Penerapan PPKM (Tangkapan Layar Youtube Kemenko Marves)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah telah memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 hingga 9 Agustus 2021 mendatang.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan pun optimistis bila dalam seminggu ke depan penyebaran kasus Covid-19 di Indonesia akan membaik. Maksudnya, tren penurunan kasus bisa terjaga seperti dalam sepekan terakhir ini.

"Kami yakin dalam 1 minggu ke depan membaik," ungkap Luhut dalam konferensi pers virtual, Senin (2/8/2021).


Data terakhir, sejak puncak kasus pada 15 Juli 2021, ada penurunan kasus positif harian sampai dengan 50%. Menurut Luhut, hal itu disebabkan penerapan PPKM sejak awa Juli.

"Ini berikan harapan bagus tapi tetap hati-hati hadapi delta varian ini," ujarnya.

Pemerintah juga tetap berupaya menurunkan kasus kematian yang saat ini masih tercatat tinggi. Salah satunya mempercepat perawatan kepada pasien yang terindikasi alami kondisi berat saat terinfeksi Covid-19.

"Pemerintah lakukan intervensi misalnya taskforce jemput yang positif bawa ke isolasi terpusat dan isolasi terpusat baru di wilayah ini didorong peran serta TNI POLRI dan Pemda dan juga penjemputan masyarakat isolasi mandiri," jelasnya.

Luhut menambahkan, pemenuhan kebutuhan oksigen dan obat juga diupayakan lebih cepat.

"Pemenuhan kebutuhan oksigen dan obat semakin baik dan kami koordinasikan dengan Menko Perekonomian tangani di luar Jawa kelihatan naik sehingga oksigen bersama-sama atasi," pungkasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading