Airlangga Ungkap Syarat RI Capai Herd Immunity Akhir 2021

News - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
30 July 2021 19:00
Keterangan pers menteri terkait ratas mengenai pinjaman kredit usaha rakyat pertanian, Senin (26/7/2021). Ist

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian yang juga Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Airlangga Hartarto mengungkapkan bahwa saat ini sebanyak 67 juta orang telah disuntik vaksin Covid-19. Ia optimis target herd immunity bisa tercapai tahun ini.

"Dosis pertama sebanyak 46,98 juta, dan vaksinasi kedua 20 juta dan pemerintah terus melibatkan stakeholder, dokter, perawat, bidan di bawah BKKBN, TNI, Polri," ujarnya dalam acara penyerahan rekomendasi Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga secara virtual, Jumat (30/7/2021).

Dia berharap jumlah ini akan terus meningkat, di mana target penyuntikan 1 juta per hari bisa menjadi 2 juta per hari. Ini menurutnya menjadi syarat mutlak untuk bisa mencapai kekebalan kelompok pada akhir tahun.


"Kalau mau capai herd immunity 70% akhir tahun," tegasnya.

Dia mencontohkan beberapa negara yang sudah melakukan vaksinasi dan mencapai herd immunity di atas 60% antara lain Inggris dan Amerika Serikat. Negara tersebut, lanjutnya, sudah melihat Covid-19-19 secara berbeda karena ingin menyeimbangkan pandemi dengan cara transisi menjadi endemi.

"Kalau kita lihat, berbagai kasus dengan konfirmasi mingguan per 1 juta penduduk relatif di atas negara lain di ASEAN, kita melihat posisi daripada jumlah kasus vaksinasi di bawah Italia walau secara keseluruhan jumlahnya masih 20%," terangnya.


[Gambas:Video CNBC]

(yun/yun)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading