Internasional

RI Tak Sendiri, Malaysia & Thailand Dilarang Masuk Negara Ini

News - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
23 July 2021 14:45
People wearing protective masks to prevent the spread of the coronavirus walk past a mural showing a Philippine flag and Filipinos wearing masks in Manila, Philippines on Wednesday, Oct. 21, 2020. The Philippines lifted a ban on non-essential foreign trips by Filipinos Wednesday but the immigration bureau said the move did not immediately spark large numbers of departures for tourism and leisure. (AP Photo/Aaron Favila)

Jakarta, CNBC IndonesiaFilipina akan melarang pelancong dari Malaysia dan Thailand serta memperketat pembatasan di wilayah Manila. Langkah ini diambil untuk mencegah penyebaran virus corona varian Delta.

Juru bicara kepresidenan Harry Roque mengatakan pembatasan perjalanan akan berlaku pada 25 Juli. Aturan diberlakukan hingga 31 Juli mendatang.


"Tindakan ini dilakukan untuk mencegah penyebaran lebih lanjut dan transmisi komunitas varian Covid-19 di Filipina," kata Roque dalam pidato nasional pada Jumat (23/7/2021), dikutip dari Reuters.

Filipina sebelumnya telah melarang pelancong dari delapan negara. Ini termasuk Indonesia dan India.

Presiden Filipina Rodrigo Duterte juga telah memberlakukan pembatasan yang lebih ketat pada wilayah ibu kota, wilayah urban di 16 kota, dan empat provinsi lain. Aturan berlaku hingga akhir Juli guna mencegah transmisi domestik varian delta.

Kegiatan olahraga, konferensi, wisata di dalam ruangan tidak diizinkan. Sementara kapasitas operasi tempat makan indoor dikurangi.

Selain itu, anak-anak berusia antara lima dan 17 tahun tidak akan diizinkan meninggalkan rumah mereka.

Filipina mencatat 47 kasus varian Delta, delapan di antaranya kasus aktif dan tiga kematian. Dengan lebih dari 1,53 juta infeksi dan hampir 27.000 kematian, Filipina memiliki jumlah kasus dan korban virus corona tertinggi kedua di Asia Tenggara setelah Indonesia.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading