JKN-KIS Jadi Andalan Mahasiswa untuk Mandiri Dalam Kesehatan

News - dob, CNBC Indonesia
22 July 2021 19:51
BPJS Kesehatan (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto) Foto: BPJS Kesehatan (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia- Menjadi mahasiswa di salah satu kampus di Karawang membuat Rikha Hadhi Febrianti (21) menjadi seorang yang mandiri. Bahkan untuk urusan kesehatannya, mahasiswi yang akrab ini mengaku harus pandai mengurusnya sendiri.

Hal tersebut dikarenakan saat ini Caca sedang jauh dari keluarganya. Beruntungnya, Caca telah memiliki jaminan kesehatan dan telah tergabung menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) sebagai tanggungan orang tuanya yang bekerja di salah satu perusahaan.

"Saya berasal dari Cikarang namun saat ini saya sedang berkuliah di salah satu kampus di Karawang, hal tersebut membuat saya harus terpisah dari keluarga saya. Jauh dari keluarga membuat saya menjadi seorang yang mandiri, bahkan untuk hal kesehatan saya harus pandai mengurusnya sendiri. Menjadi peserta JKN-KIS merupakan salah satu upaya dalam menjaga kesehatan saya," kata Caca, Jum'at (02/07).


Caca mengatakan, sebagai mahasiswa, dirinya sangat membutuhkan pelayanan kesehatan yang memadai jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Terlebih, sebagai mahasiswa semester akhir di mana kegiatan perkuliahan cukup menyita waktu dan tenaganya dapat membuat badan menjadi lelah dan menyebabkan mudah terserang penyakit. Caca mengakui kehadiran JKN-KIS di sini sangat memberikan manfaat bagi dirinya, karena ketika ia mengalami hal tersebut ia dapat langsung mendapatkan pelayanan kesehatan tanpa harus mengeluarkan biaya pribadi.

"Menjadi mahasiswa itu banyak juga aktivitasnya tak hanya belajar tetapi juga harus aktif di berbagai kegiatan kampus. Terkadang karena hal tersebut kita menjadi lelah dan kesehatan agak terganggu sementara kegiatan perkuliahan harus tetap dijalankan agar bisa diselesaikan tepat waktunya. Menurut saya kehadiran JKN-KIS itu sangat penting sekali bagi kalangan mahasiswa seperti kami, jika mengalami masalah pada kesehatan kami langsung mendapatkan pelayanan kesehatan tapa harus mengeluarkan biaya pribadi," ungkapnya.

Di akhir perbincangan, ia berharap kepada seluruh masyarakat yang belum terdaftar sebagai peserta JKN-KIS agar dapat segera mendaftarkan diri beserta keluarga, sebab begitu banyak manfaat yang diberikan terutama saat seseorang membutuhkan biaya pengobatan.

"Memiliki jaminan kesehatan menrut saya adalah hal yang mutlak untuk dimiliki bagi setiap lapisan masyarakat. Dengan hadirnya JKN-KIS hal tersebut merupakan salah satu upaya dari Pemerintah untuk menanggulangi permasalahan kesehatan bagi masyarakatnya," tutup Caca.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading