Rempah RI Bisa Jadi Primadona Lagi, Ini Syaratnya!

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
17 July 2021 12:20
Ilustrasi Rempah-Rempah

Jakarta, CNBC Indonesia - Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menilai potensi rempah dan bumbu Indonesia bisa kembali berjaya seperti dulu. Peluang komoditas rempah untuk kembali menunjukkan eksistensinya terbuka lebar ke depan.

Indonesia selama ribuan tahun memang dikenal sebagai penghasil rempah yang tersohor di seluruh dunia. Belanda yang menjajah Indonesia juga bisa mencapai kejayaan karena menguasai perdagangan rempah yang berasal dari berbagai kepulauan.

Namun, ada syarat khusus agar rempah dan bumbu Indonesia kembali eksis, salah satunya adalah dukungan yang kuat, baik dari sisi produksi maupun perdagangan, antar sektor terkait.


"Kebutuhan rempah sangat ditentukan oleh pola konsumsi masyarakat dunia itu sendiri. Jadi kita harus bisa menciptakan kebutuhan akan rempah Indonesia. Melalui promosi budaya dan masakan Indonesia," kata Jerry dalam keterangan tertulis, Sabtu (17/7/2021).

Pemerintah pun akan berupaya menjadikan rempah dan bumbu Indonesia semakin dikenal dunia. Jerry lantas mencontohkan bagaimana masakan China, Thailand, bahkan Vietnam mulai dikenal luas sehingga bermunculan restoran khas negara tersebut di berbagai belahan dunia.

Menurutnya, banyak rempah dan bumbu Indonesia yang tak hanya menjadi produk kuliner, melainkan juga menjadi bahan untuk industri farmasi dan kecantikan. Selain itu, ada banyak irisan penggunaan produk rempah dan bumbu di bidang lainnya.

Jerry berharap Indonesia bisa membangun sebuah sistem logistik dan transportasi yang terintegrasi agar produk rempah dan bumbu Indonesia bisa langsung dikirim ke negara konsumen. Ini akan memperpendek rantai pasokan sehingga Indonesia makin kompetitif.

"Kalau bisa jangan terlalu banyak mata rantai pasokannya. Kalau bisa juga kita upayakan agar tidak melalui negara ketiga sehingga produk kita dari segi harga dan bahkan kualitas makin kompetitif." katanya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ramalan Kinerja Perdagangan RI ke Depan, Simak!


(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading