Siap-Siap Tahun Depan Mobil Listrik Bekasi Bakal Meluncur!

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
14 July 2021 16:15
hyundai ioniq (Hyundai)

Jakarta, CNBC Indonesia - Produsen mobil Korea Selatan akan meluncurkan mobil listrik baru pada tahun depan di Indonesia. Mobil listrik itu hasil dirakitan pada fasilitas pabrik yang sudah dibangun di Kawasan Industri Deltamas, Cikarang, Kabupaten Bekasi.

Chief Operating Office (COO) Hyundai Motor Asia Pacific, Lee Kang Hyun pada bulan Mei kemarin mengatakan pabrik Hyundai di Cikarang sudah melakukan produksi. Rencananya dalam waktu dekat ada beberapa model mobil bermesin konvensional Internal Combustion Engine (ICE).

"Akhir tahun ini akan meluncurkan satu mobil ICE, dan untuk tahun depan mengeluarkan dua model. Satu ICE dan satu mobil listrik pada bulan Maret secara CKD (completely knock down) di Indonesia tahun depan mulai," katanya dalam Investor Daily Summit, Rabu (14/7/2021).


Lee melihat pasar mobil listrik global akan meningkat. Pada 2020 lalu pangsa pasarnya baru 3%, tapi ke depannya pada 2030 pangsa pasar kendaraan mobil listrik dapat meningkat menjadi 31% atau terjual 29 juta mobil.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, menjelaskan permintaan mobil listrik pada 2040 dapat meningkat minimal 55 juta unit secara global. Paling tidak produksi dalam negeri untuk mobil listrik bisa mencapai 600 ribu unit untuk roda empat atau lebih.

"Bersamaan dengan itu pemerintah juga menerapkan penggunaan EV (electric vehicle) di instansi pemerintah diperkirakan pembelian roda empat mencapai 132 ribu kendaraan sedangkan roda dua 398 ribu," jelasnya.

Untuk mendorong penggunaan EV pemerintah juga memberi insentif fiskal bagi konsumen hingga produsen. Mulai dari PPnBM 0 %, Pajak atas Penyerahan Hak Milik Kendaraan Bermotor atau BBNKB 0% di Jakarta, uang muka 0%, hingga suku bunga rendah.

Sementara untuk produsen diberikan kemudahan tax holiday, mini tax holiday, tax allowance, pembebasan bea masuk, hingga tax deduction.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Investasi Rp15 T, Hyundai & LG Bakal Serap 1.000 Tenaga Kerja


(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading