Jasa Raharja Akui Efisiensi Akan Berimbas Pada Layanan

News - yun, CNBC Indonesia
14 July 2021 14:02
Direktur Utama PT Jasa Raharja Rivan Achmad Purwantono. (Dok. Jasa Raharja)

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Jasa Raharja melakukan sejumlah efisiensi, salah satunya dengan memaksimalkan platform digital. Hal lainnya adalah bagaimana efisiensi dilakukan pada lingkungan internal Jasa raharja.

"Sebetulnya efisiensi ini kita akan tekan ekstrem 10-13%. Memanfaatkan penggunaan platform digital yang digunakan dengan baik. Termasuk refokus anggaran di alokasikan ke digital," ujar Direktur Utama PT Jasa Raharja Rivan Achmad Purwantono kepada CNBC Indonesia di Jakarta, Rabu (14/7/2021).

Dengan demikian, lanjutnya, diharapkan akan berdampak kepada pelayanan kepada masyarakat. Dia menambahkan, sebelum pandemi semua bisa dilakukan secara tatap muka, yang mana hal ini berbeda dengan kondisi saat ini.


"Contoh semua masyarakat memiliki aplikasi JRku, bisa melakukan apapun. termasuk menggunakan santunan dan ke RS. Berpengaruh juga ke pendapatan juga, ini akan cashless," kata dia.

JRku adalah aplikasi yang dapat membantu dalam memberikan informasi dan kemudahan layanan kepada masyarakat yang mengalami kecelakaan alat angkutan umum dan lalu lintas jalan sesuai dengan amanah Undang-Undang Nomor 33 dan 34 Tahun 1964.

Untuk bisa mencapai hal itu, menurut Rivan diperlukan kolaborasi. Misalnya dengan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat). Periode 2021-2022 diharapkan semua terjalin dengan baik sehingga bisa optimalisasi digital payment dari seluruh samsat.

Dia menambahkan, ketika optimalisasi proses digitalisasi ini dilakukan maka akan menjadi sesuatu hal yang baik. kemudian, dampaknya adalah layanan kepada peserta Jasa Raharja.

"Ketika utilisasi, iuran masyarakat kapan jatuh tempo, pajak semakin baik, dampaknya adalah pendapatan sumbangan wajib yang diterima jasa raharja semakin baik. Upaya ini harus dikomunikasikan dengan baik," tuturnya.

Yang pasti, efisien yang dilakukan Jasa Raharja didorong oleh kebiasaan kehidupan baru. Antara lain Paperless Document (FPPT Online, SPPD Online, SIAP Mobile), E-learning dan webinar, Digital Signature, Virtual meeting dan Monitoring Kesehatan Pegawai via aplikasi GreatDay. Termasuk juga di dalamnya Efisiensi biaya rapat dan perjalanan dinas.


[Gambas:Video CNBC]

(yun/yun)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading