Cek Pencairan Bansos di cekbansos.kemensos.go.id

News - Redaksi CNBC Indonesia, CNBC Indonesia
14 July 2021 06:49
Petugas Pos Indonesia menyalurkankan bantuan sosial (bansos) ke pemukiman di wilayah Kenari, Jakarta Pusat, Rabu (6/1/2021). Pemerintah telah meresmikan penyaluran bantuan tunai se-Indonesia hari ini.  (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Bantuan sosial (bansos) yang diberikan pemerintah selama pemberlakuan kebijakan PPKM darurat mulai dicairkan. Hal ini sejalan dengan instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Seperti diketahui, kenaikan kasus Covid-19 di Indonesia sangat mengkhawatirkan sehingga pemerintah kembali menurunkan mobilitas masyarakat hingga 50%. Kebijakan pengetatan ini dilakukan hingga 20 Juli 2021 mendatang untuk wilayah Jawa dan Bali.

Kebijakan ini tentu membuat ruang gerak masyarakat semakin terbatas sehingga bantuan sosial yang selama ini sudah diberikan kembali dimaksimalkan hingga diperpanjang oleh pemerintah.


Nah, segala bantuan ini diperintahkan oleh Presiden Jokowi agar bisa dicairkan secepatnya.

"Mudah-mudahan paling lambat pada minggu kedua bulan Juli, bansos akan bisa disalurkan ke seluruh pelosok Tanah Air," kata Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.

Adapun penyaluran bansos ini diharapkan bisa membantu masyarakat miskin bertahan di masa sulit ini. Juga sebagai salah satu langkah untuk menekan kenaikan angka kemiskinan akibat pandemi Covid-19.

Berikut deretan bansos yang akan cair pada pekan ini :

1. Program Keluarga Harapan (PKH) yang ditargetkan mencapai 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Alokasi 2021 adalah Rp 28,31 triliun, sementara realisasi baru mencapai Rp 13,96 triliun.

2. Kartu sembako untuk 18,8 juta KPM dengan nilai Rp 200 ribu per bulan. Pemerintah telah mengalokasikan Rp 42,37 triliun. Namun hingga Juni baru terealisasi sebesar Rp 17,75 triliun untuk 15,9 juta KPM.

3. Bansos tunai (BST) diperpanjang hingga Agustus dengan target 10 juta KPM. Nilai yang diberikan Rp 300 ribu per KPM per bulan. Penerima akan langsung mendapatkan jatah 2 bulan yaitu Rp 600.000.

4. BLT desa yang ditargetkan mencapai 8 juta KPM dengan besaran nilai manfaat Rp 300 ribu per KPM per bulan. Pendataan calon penerima BLT Desa dilakukan oleh Kepala Desa atau Tim Relawan Desa dengan mempertimbangkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dari Kemensos.

Masyarakat pun bisa mengecek penerima bansos tunai melalui laman https://cekbansos.kemensos.go.id/.

Berikut langkah untuk mengecek nama penerima BST kemensos: silakan menuju https://cekbansos.kemensos.go.id.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Deretan Bansos Jokowi yang Bakal Cair Maret 2021


(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading